Thursday 13 March 2014

HOW DO YOU CALL ME?



Assalamu’alaikum,,,

Mau kenalan nih, boleh kan? Seperti kata pepatah “Tak kenal maka Ta’aruf” hehe…
Saya yakin banyak dari kalian yang tidak mengetahui nama lengkap saya (siapalah saya ini #JustIgnoreIt). Walaupun kalian teman saya sejak SD/SMP/SMA atau kuliah, apalagi bagi yang baru kenal, banyak yang tidak tau nama lengkap saya Baiklah, perkenankan saya memperkenalkan diri.

Nama lengkap saya adalah RUKHANIYAH, singkat hanya satu suku kata. Ga perlu dua, tiga, empat apalagi lima suku kata, kepanjangan beeuudd….namun kadang saya suka bertanya-tanya nama panjang saya koq pendek banget ya? (berarti bukan nama panjang dong, hehe).

Tapi jangan salah, walaupun nama saya hanya terdiri dari 10 huruf, banyak lho yang salah menyebutkan nama saya itu. Jangankan menulisnya, mengucapkannya saja banyak yang kepleset…hehe
Kalau kalian tidak melihat langsung hurufnya, hanya mendengar nama saya disebut, bisa dipastikan kalian akan salah mengucapkannya. Banyak deh pengalaman dengan pengucapan nama saya yang salah.

Guru dan dosen saya dulu di sekolah dan di kampus, selalu salah melafalkan nama saya pada saat absen di kelas. Saya bosan harus mengulang menyebutkan nama saya dengan benar. Bukan hanya guru dan dosen yang sering salah melafalkannya, teman saya pun banyak tidak mengetahui nama lengkap saya. Tapi itu bukanlah masalah yang besar bagi saya selama mereka tau bagaimana memanggil saya.

Nama panggilan yang sudah terkenal adalah NIA. Ya hampir semua orang memanggil saya dengan nama itu.
Tapi tahukah kalian saya mempunyai beberapa nama panggilan selain NIA? Okey, I will tell you . Saya mempunyai beberapa nama panggilan yang berbeda-beda dibeberapa tempat. Sebagian ada yang buat sendiri, namun ada juga hasil “kreatifitas” teman-teman yang memanggil.

Here we go:

Yang pertama adalah RU, diambil dari dua huruf terdepan nama lengkap saya. Siapakah yang memanggil dengan panggilan ini? Dia adalah teman kuliah saya di kampus dan hanya dia satu-satunya yang memanggil saya RU. Saya pun tidak tau mengapa dia memanggil dengan sebutan RU. Ketika saya tanya, dia hanya menjawab “nama kamu kan RUKHANIYAH, ya udah saya panggil RU aja” haha….so simple right? Dan ini hasil “kreatifitas” dia sendiri. Okelah RU is fine enough.

Nama panggilan saya yang kedua adalah HANNY. Nah, untuk panggilan ini dipakai oleh teman-teman dari grup ODOJ di Whatsapp. saya juga tidak tau mengapa mereka menyebut nama saya dengan HANNY. Padahal nama yang muncul diprofil Whatsapp saya bukanlah HANNY, hehee…kreatif banget ya mereka. Selain HANNY diatas, saya juga membuat nama panggilan HANNY dengan ejaan yang berbeda, yaitu HNIE ( H > dibaca “ha” dan NIE > dibaca “ni” ).

Okey, we go to the third one. It’s TRAVE. Pasti bingung kan kenapa bisa nyasar jadi TRAVE? don’t worry, I’ll let you know. Kalau yang satu ini saya yang menciptakan sendiri. Jadi ceritanya saya sedang mencari kata apa yang bisa saya gunakan untuk nama di twitter yang masih berhubungan dengan nama saya. Saya sering melihat dan membaca nama-nama yang unik dan inspiratif, oleh karena itu saya mencoba menemukan nama yang unik untuk saya. Akhirnya saya menemukan nama TRAVENIA (bagi saya ini unik ). Saya ambil dari singkatan Traveling Mania. Diambil dari kata traveling yaitu jalan-jalan dan mania yang artinya suka banget atau tergila-gila oleh sesuatu. Yah, karena saya suka sekali jalan-jalan, dapat deh singkatan itu dan ada juga yang memanggil saya TRAVE.

Nah yang keempat nama panggilan saya adalah MPOK. Mpok adalah panggilan untuk orang Betawi, padahal saya bukan orang Betawi lho, hehe. Yang memanggil dengan sebutan ini adalah kakak laki-laki saya. Mpok biasanya digunakan untuk memanggil kakak perempuan atau yang lebih tua dari kita. Padahal yang memanggil ini lebih tua dari saya, haha…saya juga tidak tau mengapa dia memanggil saya Mpok. Saya rasa mungkin dia terpengaruh oleh lingkungan dirumah yang memang dikelilingi oleh orang Betawi. Ternyata kakak saya “kreatif” juga :D

The last but not least, terahir nih terakhir. Itu adalah BUN. Pasti kalian nebak BUNDA, yak an? Tapi salaaahhh…BUN itu dari kata Bu Nia. Karena saya bekerja sebagai pengajar, saya di panggil Bu Nia oleh murid-murid saya. Tapi karena teman-teman kerja saya itu “kreatif” sekali jadilah nama panggilan itu disingkat BUN, hehe.
Nah itulah beberapa nama panggilan yang saya miliki. Mulai dari Ru, Hanny, Hnie, Nia, Trave, Mpok dan Bun. Just choose your favorite one! :D

NB:
For your info my accounts’ name on some social medias are:
Facebook    : Rukhania Hnie
Twitter        : @nia_hnie
Instagram    : @nia_hnie
E-mail         : niahnie@gmail.com
Blog            : www.travenia.blogspot.com
   






2 comments:

  1. nama panggilan kamu banyak sekali nia,... hee
    kalo skakespiere bilang "apalah arti sebuah nama" gw gak setuju banget, coz nama itu memiliki arti penting dalam kehidupan kita.
    ismun hasanah itu wajib di berikan setiap orang tua kepada semua anak nya, nabi besar Muhammad SAW tak segan2 menganti nama yang jelek menjadi nama yang bagus untuk para sahabat2 beliau, karena nama itu adalah doa orang tua, jika dalam sehari ada 100 orang yang memanggil nama kita itu artinya ada 100 orang yang mendoa kan kita di hari itu, bahkan kelak di padang mahsyar kita akan di panggil sesuai dengan nama kita di dunia, itu kata ustadz saya :)

    ReplyDelete

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...