Tuesday 2 July 2019

Enam Amalan Yang Tidak Bisa Lagi Dikerjakan Di Fase Kelima Kehidupan Dunia





Dari lima fase kehidupan ini, sekarang kita sedang berada di fase keempat. Fase ini merupakan fase menjelang akhir zaman yang pada akhirnya menuju fase kelima, fase terakhir dari kehidupan dunia. Fase keempat ini adalah fase bagi kita untuk banyak-banyak melakukan amal sholih, karena di fase kelima nanti tidak ada lagi amal sholih yang bisa kita perbuat.


Sedikitnya terdapat enam amal sholih yang akan hilang di fase kelima. Sebelum semuanya tinggal kenangan dan penyesalan, marilah kita tidak menyia-nyiakan masa hidup kita sekarang ini. Enam amalan yang akan hilang tersebut adalah:

   1.   Alquran

Tanda besar kiamat akan datang salah satunya adalah terbitnya matahari dari barat. Setelah matahari terbit dari barat, maka sejak saat itu Alquran akan hilang dari muka bumi termasuk hafalan yang telah dihafal sebelumnya. Semua akan hilang tak tersisa. Alquran akan diangkat oleh Allah sehari sebelum matahari terbit dari barat.

Berbeda dengan fase keempat dimana rumah-rumah Quran, pesantren penghafa Alquran, TPA-TPA, hafidz/hafidzah bertebaran di mana-mana. orang berbondong-bondong mendekat kepada Alquran, orang tua mulai sadar dan menginginkan anak-anaknya menjadi penghafal Alquran. Di fase kelima nanti tidak ada lagi Alquran, tidak ada lagi yang membaca, menghafal Alquran. Maka sebelum Alquran hilang, sebelum semua itu terjadi, sekaranglah saatnya kita di fase keempat ini bermesra-mesra dengan Alquran.

Sayangnya, Alquran sekarang ini telah dikalahkan oleh handphone. Orang lebih senang berlama-lama membaca WA, lebih menikmati melihat hal-hal haram di handphone, lebih banyak membuang waktu bersama handphone. Maka, sekali lagi, mari kita mulai menjalin kemesraan lagi dengan Alquran sebelum ia hilang dari muka bumi.

Lalu, bagaimana dengan orang yang telah menghafal Alquran dan hafalannya akan hilang di akhir zaman nanti, apakah sia-sia usaha mereka menghafal Alquran? Tidak. Sesungguhnya hafalan itu tidak akan hilang, ia akan menunggu si penghafal di hari akhir nanti menjadi pembela di hadapan Allah. Ketahuilah bahwa Allah memiliki keluarga di muka bumi ini. Siapakah mereka? Keluarga Allah di muka bumi adalah mereka yang dekat dengan Alquran. Marilah kita raih kesempatan menjadi keluarga Allah dengan membaca, menghafal dan mengamalkan Alquran selagi ada kesempatan.

Tidak mesti menghafal Alquran. Jika kita belum mampu menghafal, pelajari saja cara membaca Alquran, bacalah ia setiap hari, baca juga terjemahannya dan pejalari tafsirnya. Maka dengan itulah kita bisa menjadi keluarga Allah.

   2. Zakat/Infaq/Sodaqoh/Hibah dan semacamnya

Fase kelima merupakan fase dimana kepemimpinan khilafah akan terwujud. Pada masa kekhilafan tersebut semua orang di dunia ini tidak akan merasakan sengsara, tidak ada orang miskin, tidak ada yang kelaparan. Semua orang yang ada di fase ini adalah orang kaya raya yang tidak mau menerima zakat/infaq/shodaqoh dll. Kehidupan serba makmur dan sejahtera.

Maka, sekaranglah saatnya Allah buka keran untuk zakat, infaq, hibah, wakaf. Bagi yang memiliki banyak harta jangan pelit, keluarkan segera. Sumbangkan sebanyak-banyaknya, shodaqohkan semua di jalan Allah sekarang juga. Karna hartamu tidak akan berguna di akhir zaman nanti. Tidak ada lagi kesempatan berbagi. Tidak ada lagi yang membutuhkan hartamu karena semua orang sudah memiliki gunungan emas sendiri.

   3. Taubat

Setelah matahari terbit dari barat tak ada lagi taubat. Tak berguna lagi taubat. Semua orang di masa fase kelima akan menjadi orang baik, tidak ada kejahatan, tidak ada kemaksiatan. Sudah tidak ada lagi yang perlu taubat. Maka sekaranglah saatnya Allah membuka pintu taubat selebar-lebarnya. Taubatlah dari sekarang, tinggalkan segala kemaksiatan. Jangan berpikir, “Ah, nanti saja saya taubat menjelang fase kelima!” Sesungguhnya kita tidak pernah tau apakah usia kita akan sampai ke fase kelima. Maka jangan tunda lagi. Taubatlah sekarang juga!

     4. Jihad dan Syahid
 
Di fase kelima tidak akan ada lagi kesempatan untuk berjihad dan menjadi syahid, karena di fase ini dunia akan aman, damai, sejahtera. Tidak akan ada lagi peperangan, tidak ada kemaksiatan dan kejahatan, sehingga tidak ada peluang untuk berjihad. Jihad di sini dalam arti sesungguhnya mengangkat senjata untuk berperang dan syahid tentu saja yang mati dalam peperangan membela agama Allah.

Sebelum fase kelima datang, sekaranglah saatnya di fase keempat ini Allah membuka keran jihad dan syahid selebar-lebarnya. Sekaranglah saatnya kita bisa berjihad di segala aspek kehidupan dan tentu saja jihad melawan musuh-musuh Allah. Saat ini sudah ada peluang untuk berjihad bagi orang-orang Palestina, Suriah, Rohingya, Uyghur dalam membela dan mempertahankan keimanan mereka. Hingga menjelang akhir zaman akan banyak terjadi peperangan, akan banyak darah yang mengalir dan peluang jihad tersebut terjadi di seluruh dunia hingga ke Indonesia.

Pada masa akhir zaman atau akhir fase keempat akan banyak laki-laki yang mati karena berperang. Akibatnya di fase kelima nanti hanya akan tersisa sedikit sekali laki-laki, bahkan perbandingan laki-laki dan perempuan saat itu sangat signifikan.

   5. Tolong-menolong

Di kehidupan kita sekarang ini Allah menguji kita dengan berbagai bencana, pataka, musibah. Mulai dari banjir, gempa bumi, kecelakaan, kebakaran. Itu semua Allah takdirkan agar menjadi ladang amal bagi kita untuk membantu dan menolong saudara-saudara kita yang mengalami musibah dan bencana di mana pun berada.

Bantuan  dan pertolongan kita sangat dibutuhkan bagi mereka yang terkena bencana. Maka selagi masih ada kesempatan membantu, marilah gunakan kesempatan yang Allah berikan ini untuk berbuat baik dan membantu sesama. Sebab, di fase kelima nanti tidak ada lagi kesempatan untuk tolong-menolong, karena di fase kelima tidak akan ada bencana, tidak ada musibah. Semua aman, damai, tentram, tidak ada yang membutuhkan bantuan atau pertolongan kita.

   6.  Dakwah

Oraganisasi-organisasi Islam seperti FPI, Muhammadiyah, NU dll. Tidak akan ada lagi di fase kelima. Di fase ke lima tidak akan ada organisasi Islam, tidak ada komunitas-komunitas Islam. Maka, sekaranglah saatnya untuk bergabung bersama komunitas-komunitas Islam untuk membela bangsa, membela agama dan melawan segala bentuk kezaliman.

Di fase kelima tidak ada lagi kesempatan beradakwah, semua orang sudah baik, sudah sholih. Maka bergabunglah bersama organisasi Islam sekarang juga untuk berdakwah sebelum semua itu hilang dan tidak ada lagi kesempatan mendapatkan pahala dari berdakwah.

Semua amalan di atas masih dapat kita lakukan sekarang. Kita masih diberi kesempatan untuk merasakan nikmatnya amalan-amalan tersebut. Gunakan sisa umur kita saat ini untuk mengerjakan semua amalan tersebut dengan maksimal hinggal Allah bilang, “Cukup! Sekarang saatnya engkau pulang.”


Sumber: ceramah ustaz Zulkifli M Ali di channel youtube One Ummah Movement

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...