Sunday 11 May 2014

"Tell Me About Yourself!"

Dalam sebuah interview atau wawancara sering didapati pertanyaan seputar diri pribadi, misalnya si pewawancara meminta kita untuk menceritakan tentang diri kita, atau dalam sebuah forum, klub atau grup yang kita ikuti biasanya kita diminta untuk memperkenalkan diri. Dalam perkenalan ini tidak hanya seputar nama, tempat tinggal dan pekerjaan saja, kadang kita juga harus menceritakan sedikit tentang diri kita. Pertanyaan seputar diri pribadi ini sebenarnya wajar dan sangat umum untuk sebuah pertanyaan. Tapi tidak semua orang dapat menceritakan tentang dirinya dengan baik, karena setiap orang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda, sehingga untuk sebagian orang pertanyaan seputar dirinya adalah sesuatu yang sulit untuk dijawab.


Hal ini yang terjadi pada diri saya yang selalu bingung jika harus berhadapan dengan pertanyaan “Tell me about yourself”. Biasanya saya akan menjawab dengan biodata standar seputar nama, tempat tinggal dan pekerjaan.  Padahal sebenarnya untuk menceritakan diri sendiri bukan hanya sekedar tiga hal tersebut. Untuk itu saya mencoba membuat survey sederhana yang saya lakukan kepada beberapa teman. Pertanyaan saya ajukan kepada 46 orang teman yang ada didaftar kontak diponsel saya. Namun yang menjawab hanya 11 orang, hahaa….jauh banget ya selisihnya. Saya hanya ingin tau apa jawaban mereka, sehingga saya mendapatkan sedikit gambaran apa yang akan saya ceritakan jika pertanyaan itu muncul lagi.

Pertanyaan yang saya ajukan kepada teman-teman adalah “Jika kalian diminta untuk menceritakan tentang diri kalian, apa yang akan kalian cerikatan?” saya meminta mereka untuk menjawab dengan jelas, detil dan spesifik. Dan saya pun mendapat berbagai jawaban yang bervariasi dari kesebelas teman saya itu. Ada yang asal jawab, ada yang spesifik, ada juga yang cukup menginspirasi.

Berikut beberapa kutipan dari jawaban teman-teman saya mengenai apa yang akan mereka ceritakan tentang dirinya.

Lucia Dewanto, seorang Entrepreneur Mom berasal dari Bali, yang memiliki jawaban yang cukup spesifik tentang dirinya. Inilah jawabannya “Saya sudah berkeluarga selama 14 tahun dan dikaruniai dua orang anak, saya sangat mencintai keluarga saya. Saya adalah seorang pekerja keras, karena tanpa perjuangan, saya tidak bisa mencapai apa yang saya inginkan. Saya tidak suka kebohongan, walau kadang kejujuran itu menyakitkan. Jadi terimalah hidup apa adanya”. Lucia juga berpesan jangan pernah mengatakan “I try to be myself” tapi katakanlah “I believe in myself”, itu adalah prinsip orang bule. Oke Lucia, noted!

Selanjutnya jawaban dari seorang teman yang berdomisili di Surabaya dan berprofesi sebagai Jurnalis, Ali Salim. “I would talk about my job as a journalist. Journalist is a good job and can bring me to a better life. If you want to be a journalist, you should have a solid and deep background study and you have to be a potential writer too. If you have an experience in journalist, you can go to other fields, such as politics, public relation, media owner or just knowing many countries. Journalist is an interesting and dynamic job. You can get much knowledge in it”. Sepertinya Ali sudah menemukan passion dalam pekerjaannya sebagai jurnalis. Good job!

Saya juga mendapatkan jawaban yang cukup paaannjaaaanngg dari teman saya Maylan Arta Tiyanti, S.IK “Communicator”, Jakarta. Jawabannya sangat menginspirasi buat saya, ya memang sejak dulu saya kagum dengan teman saya yang satu ini. Dia seorang yang smart, energic dan penuh semangat. Berikut jawabannya, “Saya menggambarkan karakter diri saya dalam beberapa karakter hidup. Sebagai perempuan, saya ingin menjadi seperti Oprah Winfrey, membangun bisnisnya sendiri, bekerja sama dengan baik bersama suami dan memiliki sekolah-sekolah kecil dibeberapa daerah. Sebagai seorang yang maskulin, saya ingin seperti khalifah Umar. Selalu menjadi orang yang tepat disaat yang tepat tanpa diskriminasi social. Sebagai manusia social, saya ingin menjadi Sule, penuh ide dan bakat, mengutamakan keluarga dan produktif semaksimal usianya. Saya Maylan Arta Tiyanti, dalam 3 kata, Marvelous, Affection, Tempting”. See? How interesting!

Setelah melewati hasil seleksi, hehe…jawaban-jawaban itulah yang menurut saya cukup menarik untuk dibagi di sini. Walaupun tidak semua jawaban dari kesebelas teman, saya tulis semuanya, tapi saya harap jawaban-jawaban diatas cukup menginspirasi dan memperkaya ide kita dalam menjelaskan tentang diri kita, khususnya untuk saya pribadi. 


No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...