Monday, 29 September 2014

Katanya Mau Pergi Haji? Usaha Dong!


Judul Buku    : Cara Mudah Menuju Mekah
Penulis         : Firmansyah Dimmy
Penerbit        : Mizania, 2011
Tebal            : 178 Halaman


Adalah impian dan cita-cita setiap muslimin dan muslimat untuk menunaikan ibadah haji. Namun untuk mewujudkan impian tersebut tidaklah mudah. Banyak faktor yang harus dipersiapkan, antara lain, financial, kesehatan fisik dan mental. Butuh waktu lama untuk mempersiapkan segala hal tersebut sampai semuanya terpenuhi dengan baik.

 
Selain itu banyak juga kendala-kendala yang akan dihadapi dalam proses menuju Mekah. Walaupun setiap orang memimpikan untuk bisa pergi ke Mekah, tapi tidak semua orang memiliki tekad dan usaha yang kuat untuk mewujudkannya. Kebanyakan kita hanya menunggu keajaiban datang yang akan membawa kita ke Mekah. Padahal dalam meraih mimpi dibutuhkan usaha yang nyata.


Dalam buku ini dijelaskan kendala-kendala sebelum berhaji, usaha-usaha apa saja yang harus kita lakukan dalam rangka memenuhi rukun Islam yang kelima ini dan yang paling penting adalah adanya keyakinan dalam diri bahwa Allah akan memberikan kesempatan pada kita untuk mengunjungi rumahNya. Selain itu kita juga disuguhi oleh kisah-kisah ajaib yang menurut kita mustahil, tapi mudah saja bagi Allah untuk mewujudkannya. Salah satu contoh kisahnya, diceritakan ada seorang tuna netra yang secara fisik maupun ekonomi sangat mustahil untuk pergi ke Mekah, tapi Allah berkehendak lain, ada seorang donator yang bersimpati dan memberikannya hadiah pergi ke Mekah. Itulah kalau Allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi asalkan kita yakin, pasti Allah memberikan jalan.


Yang paling penting dalam buku ini, juga disertakan bagaimana perhitungan biaya yang dapat kita cicil selama beberapa tahun sesuai kemampuan kita dan yakinkan diri bahwa Allah lah yang akan mencukupinya. Selain itu juga banyak cara-cara alternative yang dapat kita lakukan selain menabung. Semua dijelaskan dengan detil dalam buku ini.


Buku ini sangat cocok untuk kita yang berfikir bahwa pergi haji itu sangat sulit. Dengan mengetahui bagaimana cara-cara yang mudah dan efisien untuk pergi ke Mekah, maka kitapu akan lebih semangat mewujudkan impian tersebut.


Untuk mewujudkan impian itu butuh usaha. Kita tidak bisa hanya bermimpi dan berdiam diri menunggu impian itu terwujud. Maka untuk mewujudkan impian pergi ke Mekah, salah satu usaha yang dapat kita lakukan adalah dengan membaca buku ini.

 
Selamat membaca ^_^


Thursday, 25 September 2014

Suddenly Bali

Bali, siapa yang tidak kenal dengan keindahan pulau dewata yang satu ini. Semua orang pasti ingin berkunjung kesana membuktikan apa yang orang-oarang katakan tentang pulau ini. Pesonanya sudah mendunia, wisatawan dari mancanegara sangat mengenal pulau ini sebagai tempat yang tepat untuk berlibur, berjemur, berselancar, dll. 

Begitupun dengan diriku yang sangat ingin berkunjung ke pulau Bali. Kakakku sudah cukup lama tinggal di Bali, namun aku belum pernah sekalipun mengunjunginya. Ada rencana untuk pergi ke Bali tapi entah kapan. Karena aku pikir biaya untuk pergi berlibur ke Bali pasti sangat mahal. Oleh karena aku pun tidak tahu kapan bisa berkunjung kesana.

Wednesday, 24 September 2014

Ikhwan Itu…


Ikhwan, apa yang terlintas dalam pikiran kamu jika mendengar kata itu?

Ikhwan adalah bahasa Arab yang artinya laki-laki. Jadi semua orang yang berjenis kelamin laki-laki adalah ikhwan. Namun pengertian ikhwan tidak hanya sebatas itu saja. Kata ini sering dipakai dikalangan aktivis dakwah. Aku mencoba mengajukan pertanyaan kepada beberapa orang teman mengenai definisi ikhwan ini.


Berikut jawaban dari teman-teman:

Tuesday, 23 September 2014

Berbagi Tips Untuk Menjadi Penulis




Judul buku    : Be A Writer, Be A Celebrity: The secret of best-seller novels
Penulis          : Andrei Aksana
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama, 2006
Tebal              : 93 halaman


Buku ini terbilang tipis karena tidak sampai 100 halaman. Namun walaupun tipis, buku ini menguraikan tips-tips menulis yang bisa dibilang lengkap. Tips-tips yang disampaikan sangat membantu kita para penulis pemula, dan disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Buku yang dicetak dengan ukuran tidak terlalu besar ini, dapat kita bawa kemana-mana dengan mudah karena tidak membutuhkan ruang yang besar untuk membawanya didalam tas. Sehingga kita dapat membacanya dimana saja dan kapan saja kita mau sebagai teman mengisi waktu yang setia.

Bagaimana Mengelola Cinta Dalam Islam

Judul buku    : Ketika Ikhwan dan Akhwat Jatuh Cinta
Penulis         : Awan Abdullah & Adi Abdillah
Penerbit       : Qudsi Media, 2008
Tebal            : 198 halaman


Membaca buku ini saya tersenyum-senyum sendiri, kalau saja ada yang melihatnya pasti dikiranya saya sudah mulai gila karena senyum-senyum sendiri, hehe. Bukan, buku ini bukan buku yang bergenre komedi, bukan pula cerpen yang penuh dengan imaginasi. Ini adalah buku yang bisa dibilang serius tapi santai. Ya buku yang berjudul “Ketika Ikhwan dan Akhwat Jatuh Cinta” adalah buku bertema cinta yang ditulis sedemikian rupa sehingga bahasa yang digunakan begitu mudah dimengerti, ringan dan menghibur. Selain itu banyak kisah-kisah cinta yang kemas dengan menarik disetiap pembahasannya, baik kisah-kisah yang diambil dari Al-qur’an maupun kisah-kisah klasik lainnya.

Friday, 12 September 2014

My Name is Already There

Siapa sih yang ga mau pergi haji? Semua orang yang beragama Islam pasti cita-citanya adalah pergi haji ke Baitullah. Namun itu tidak mudah untuk dilaksanakan, butuh kekuatan fisik dan financial. Walaupun aku belum bisa menunaikan ibadah haji, tapi namaku sudah sampai disana. Semoga diri ini bisa segera menyusul, aamiin. Senang sekali melihat namaku ada di Masjid Nabawi, jadi ga sabar pengen kesana :)




Seorang teman yang berada di Madinah berbagi cerita tentang jamaah haji Indonesia. Jamaah asal Indonesia itu unik, pake seragam, name tag, dan jumlahnya paling banyak (berarti orang Indonesia tuh kaya-kaya semua ya, secara biaya pergi haji itu kan mahal bingiiiitt, hehe). Saking banyaknya jamaah asal Indonesia dan kebanyak sudah berusia lanjut, sampai-sampai banyak yang kesasar tidak bisa kembali ke hotel tempat mereka menginap. Ada yang lupa nama hotelnya, ada yang name tag-nya ketinggalan dan tidak tau jalan menuju hotel.


Jika tidak ingat nama hotel dan tidak membawa name tag, agak sulit untuk petugas mengidentifikasi nya. Jadi harus benar-benar teliti dan hati-hati, kasian kan kalau nyasar di negeri orang, pisah dari rombongan, duuh…ga kebayang deh pasti panik banget. Tapi jangan khawatir, Insyaa Allah bisa pulang ke hotel dengan selamat koq. Karena banyak warga Indonesia yang memang sudah lama tinggal di sana yang akan membantu jamaah yang kesasar, seperti temanku itu. Dia sering mengantarkan para jamaah kembali ke hotel tempat mereka menginap. Lucunya kadang ada jamaah yang sudah diantar kembali ke hotel, tapi tidak percaya kalau itu hotel tempatnya menginap, mereka bersikeras kalau itu bukan hotelnya karena pintu masuk yang dilalui berbeda pada saat mereka pertama kali tiba di hotel, hehe. Maklum lah ya the very first time for them.


Seneng deh ngeliat para jamah yang sudah tiba ditanah suci. I can feel what they feel. Terharu, senang, rindu, takjub, bersyukur, ga nyangka bisa ada disana, aah…pasti semua rasa itu bercampur menjadi satu dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Meskipun meninggalkan keluarga nun jauh di tanah air tercinta, tapi berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji rasanya melebihi segalanya. Walaupun akhirnya tidak sedikit juga yang tidak kembali lagi ke tanah air karena telah menjemput ajal di tanah suci. Pastinya sedih sekali bagi keluarga yang ditinggalkan. Tapi apalah lagi yang kita harapkan selain meninggalkan dunia ini dalam keadaan khusnul khotimah. Bagi yang selamat sampai kembali lagi ke tanah air tidak henti-hentinya rasa syukur yang dipanjatkan. Semoga menjadi haji mabrur dan dapat merubah diri menjadi lebih baik lagi dalam segala hal. Lebih baik dalam beribadah, lebih baik dalam keluarga, lebih baik dalam masyarakat social.



Million thanks to my friend who wants to share the experience about hajj there and also for the pictures. Semoga diri ini dapat segera memenuhi panggilan menuju tempat istimewa di Baitullah, aamiin.


O ya, bulan Oktober nanti ada film tentang haji yang akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia, judulnya “Haji Backpacker”. Nonton yuk guys! :)



Monday, 1 September 2014

Curi Dengar Alias "Nguping"






Kalau naik kendaraan umum suka curi-curi dengar pembicaraan orang lain. kadang ada orang yang cerita seru banget sampai tertawa cekikikan, sehingga agak menggangu penumpang lainnya. Berbagai macam topic yang aku dengar dari pembicaraan mereka, mulai dari masalah pribadi, keluarga, teman, sahabat, pacar, sampai masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai. Kadang suka senyum-senyum sendiri kalau mendengar cerita-cerita para panumpang di angkot. Kalau mereka sedang bercerita sesuatu yang lucu, biasanya aku jadi ikut ketawa juga, tapi ketawanya ngumpet-ngumpet atau senyum-senyum aja sendiri, agak ga enak juga kalau mereka tau aku ikut tertawa karena mendengar obrolan mereka. Tapi kalaupun mereka tau aku ikut tersenyum, mereka hanya akan membalas dengan senyuman juga, atau ada juga yang berkata “Eh, mba nya ikut ketawa.” 

Jadikan Buku Benda Favorit Anak

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menghadiri sebuah seminar dengan tema “Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca”. Sa...