Tuesday, 28 April 2015

Belajar Menulis Feature



Sebelum menerima materi ini, saya buta tentang jenis tulisan yang satu ini. belum lagi tahu apa-apa tentangnya, eh, sudah ada tugas yang menanti. Mau tidak mau saya harus belajar super kilat. Langsung saja saya mendatangi Si Mbah G- you know who :D dan meminta mantra-mantra ajaib yang bisa saya gunakan untuk mengerjakan tugas ini.

Namun ternyata pelajaran super kilat dari Mbah G tidak ada apa-apanya dibanding dengan paparan yang disampaikan oleh Mas Billy Antoro, hehe.

Yup, saya akan sedikit sharing materi yang disampaikan oleh Mas Billy tentang jenis tulisan feature, pada pertemuan Pramuda FLP yang ke-3 Ahad kemarin.

Wednesday, 22 April 2015

Saya Pun Tak Tau Bagaimana Caranya Menulis



“Syarat untuk menjadi penulis ada tiga; yaitu menulis, menulis, menulis”

Ada beberapa orang yang bertanya pada saya, “Gimana sih caranya menulis?”. Jika ada pertanyaan seperti itu, saya bingung bagaimana menjawabnya karena saya pun tak tau bagaimana caranya menulis. Yang saya tau hanyalah mulai menulis. Tulis saja apa yang ingin kau tulis. Karena saya pun begitu. Jadi kalau ditanya bagaimana caranya, kiat-kiat, tips-tips menulis, saya belum tau banyak tentang hal itu karena saya bukanlah pakar dalam hal menulis.

Tapi saya selalu berusaha untuk menulis apapun itu yang terbesit dalam pikiran. Saya mengatakan pada mereka yang bertanya, bahwa cara untuk menulis ya mulai saja menulis. Lakukan setiap hari, konsisten pada apa yang akan kita kerjakan. Dengan menulis setiap hari kita jadi akan terbiasa dan mulai mengetahui dimana kelebihan dan kekurangan kita.

Kalau Berdoa Jangan Egois




Doa adalah senjata umat Islam. Allah senang dengan hamba yang berdoa dan meminta padaNya. Allah akan mengabulkan apapun doa kita. Tapi kapan doa itu dikabulakan adalah hak prerogatifnya Allah. Bisa saja doa itu dikabulkan di dunia atau bahkan ditangguhkan di akhirat nanti. 

Apa sih yang kamu minta saat berdoa? #kepo nih ceritanya :D

Mungkin saja doa kita sama. “Ya Allah ampunilah dosa-dosaku. Berilah hamba kemudahan untuk mendapatkan rezeki yang halal. Maafkan segala kesalahan dan khilafku, ya Allah. Berilah kemudahan dalam melaksanakan ujian. Limpahkan hamba kesehatan, jauhkan dari segala penyakit.” Dan seterusnya.

Wednesday, 15 April 2015

Sempurnakan Hijabmu




Pagi ini cerah sekali, Shani sudah siap menjalankan aktivitasnya hari ini. Dengan penampilan barunya yang sudah satu minggu ini dia jalankan, yaitu berhijab. Mama melihat kemeja Shani yang tergulung di bagian lengan, lalu mengintip kaki Shani yang belum ditutupi kaus kaki. Mama pun menegur Shani, 

“Shan, itu lengannya jangan digulung gitu dong”, “itu juga kaki, kaus kakinya mana? Dipake dong cantik.” Protes mama.

Shani yang ditegur begitu hanya menunjukkan wajah cemberut saja, sambil berkomentar, “Ah, mama. Bagusan digulung mah lengannya. Lagian juga kenapa sih harus pake kaus kaki? Yang penting kan aku udah pake jilbab, mah.”

Tuesday, 14 April 2015

Aku Rindu


Tlah lama ku tak mendengar suaramu
Tlah lama ku tak menerima nasihatmu
Tlah lama kau tak mengajariku ini itu

Di saat kubutuh nasihatmu kau tak hadir bersamaku
Di saat kubutuh pelukanmu kau tak ada tuk menemaniku
Di saat kuingin curhat tentang seorang pria yang aku suka kau tak ada di sampingku
Di saat kuingin belajar memasak ku tak tau pada siapa harus berguru

Aku rindu kau di sisiku
Aku rindu tidur di pangkuanmu
Aku rindu perintahmu
Aku rindu melihat wajahmu

Ingin sekali aku memperlihatkan penampilanku dengan jilbab seperti yang kau ingin dulu
Ingin sekali aku memberikanmu sesuatu dengan uang gaji pertamaku
Tapi aku tidak bisa melakukannya karena kau sudah terbujur kaku

Semoga Dia Yang Maha Pengampun mengampuni segala dosa-dosamu
Semoga Dia Yang Maha Pengasih meninggikan posisimu
Semoga Dia Yang Maha Penyayang melimpahkan Surga FirdausNya untukmu

Hanya doa yang bisa kupanjatkan untukmu
Hanya amal soleh yang bisa memberatkan amalmu
Hanya amal soleh yang bisa membuktikan baktiku padamu

Ibu aku rindu



Friday, 10 April 2015

Happiness Is Around You



There is always something makes me smile every day.

Selalu ada saja yang membuatku tersenyum setiap harinya. Hal-hal sederhana yang terjadi di sekeliling kita dapat menjadi alasan untuk tersenyum. Dan tersenyum itu membuat kita bahagia. Trust me! It works. :D

Seperti hari ini, orang-orang di luar sana berhasil membuatku tersenyum dengan tingkah maupun ucapan-ucapan mereka.

Here are some cases I mean:

Wednesday, 8 April 2015

7 Tips Sehat Ala Rasulullah




Kamu mau sehat? Sama, aku juga. Hehe.

Lalu apa yang sudah kamu lakukan untuk mencapai hidup yang sehat? Jangan Cuma bilang mau sehat, tapi gak ngelakuin apa-apa untuk itu, #nunjukdirisendiri

Makan teratur? Sudah. Tidur cukup? Lebih malah, haha. Olah  raga? Eeehm,,,*mikir lama*. Gizi seimbang? Semoga. Shalat gak pernah ketinggalan? Ehm, bisa iya, bisa ngga. *gubraak*. Gimana mau sehat kalau begini caranya??

Guys, sehat itu bukan Cuma soal makanan tapi juga ibadah rutin bisa membuat kita sehat. Contoh deh hidup sehat ala Rasui. Nih, dia tipsnya. Simak yuk!

Dua inspirasi, Mana Yang Akan Kau Pilih?



“If a writer falls in love with you, you can never die.”

Entah siapa yang membuat kutipan ini. Aku mendapatkannya dari akun facebook Bunda Helvy Tiana Rosa.

Kutipan ini maknanya begitu dalam. Bukan, bukan berarti kamu gak akan mati, karena mati itu adalah sebuah kepastian. Tapi kenapa di sana tertulis “you can never die”?

Menurutku, kutipan ini memiliki makna yang tersirat, yaitu lebih kepada kita menjadi inspirasi bagi si penulis. Seorang penulis yang jatuh cinta pada kamu, akan menjadikan kamu sebagai inspirasi baginya dalam menulis. Dia akan selalu menulis tentang kamu, meskipun ragamu tak lagi eksis di dunia ini.

Tuesday, 7 April 2015

Halal Is Our Way



“Halal is a must. Not just about what we eat, but also about what we hear and what we LOVE.”

Halal. Satu kata yang sangat penting bagi umat Islam. Seorang muslim akan senantiasa menjaga apa-apa yang masuk dalam tubuhnya dan yang dipakainya berasal dari sumber yang halal. 

Sesedikit apapun sesuatu yang tidak halal masuk ke dalam tubuh kita, jangan harap Allah akan mengabulkan doa-doa kita. 

Monday, 6 April 2015

Berita Gembira Bagi Pejuang Subuh


Assalamu’alaikum wr wb.

Halo man teman, saya mau sharing tentang materi kajian bulanan Pejuang Subuh hari ini Ahad 5 April 2015. Tema kali ini adalah “Kabar Gembira Untuk Orang Yang Menjaga Sholat Subuh Berjamaah.” Kajian ini disampaikan oleh Syeikh Ahmad Al-Misri,Lc. beliau lulusan Univeritas Al-Azhar, Kairo.

Setelah acara dibuka dengan tilawah, mulailah saatnya tausiyah oleh Syeikh Ahmad. Ketika Syeikh maju ke depan, masya Allah parasnya mengalihkan duNIAku :D Duh, bikin gak konsen aja nih, nunduk aja deh. Berusaha menundukkan pandangan, tapi masa iya sepanjang kajian nunduk melulu? Mana duduk paling depan pula, wuuaahh….T_T (ya sudah nikmati saja #ups).

Oke, oke. Lupakan saja ya paragraf di atas. Anggap saja tidak pernah saya tulis, haha. Langsung ke materi yuk!

Saturday, 4 April 2015

Islam Aliran Apa?


doc. pribadi

“Maaf, mengganggu sebentar.” Suara bariton seorang petugas security di salah satu gerbong kereta api tiba-tiba menghampiri kami. Shani temanku yang mengisi waktu selama perjalanan dengan membaca Al-qur’an menoleh ke arah bapak security.

“Ya, ada apa Pak?” 

“Klo boleh tau mbak ini alirannya apa ya?”

Mendengar pertanyaannya aku terkejut dan menatap bapak security dengan serius. Sebelum Shani menjawab, aku sudah lebih dulu menyambut pertanyaan bapak petugas yang berdiri tegap dengan angkuhnya.

Lelaki Angklung


 
Para peserta telah berdatangan. Hampir seluruh kursi terisi penuh, padahal acara baru akan dimulai satu jam lagi. Memang untuk pembicara yang satu ini tidak pernah sepi dari audiens. Apapun bentuk acaranya baik itu seminar, workshop, bedah buku, bedah film, dll, selalu saja jadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar setia. Termasuk Rona.
 
Rona mengisi kursi deretan paling depan. Sembari menunggu acara dimulai, panitia acara memutarkan musik dari salah satu instrument khas Indonesia yaitu angklung. Gadis berkacamata itu sangat menikmati permainan angklung ini, begitu juga peserta lainnya. Sesekali pikirannya melayang, “Pasti seru ya kalau bisa main angklung.” Ucapnya dalam hati.

Friday, 3 April 2015

Carut Marutnya Negeriku



Sebagai warga negara boleh kan kita berpendapat, mengungkapkan pikiran, ide, gagasan atau komentar? Maka izinkan saya untuk sedikit menuangkan pikiran yang mengganggu di kepala ini.

Saya cukup tergelitik untuk mengomentari kebijakan-kebijakan negeri ini yang saya rasa semakin carut-marut saja. Mulai dari harga BBM yang turun naik layaknya sebuah lift di mal, dunia pendidikan yang buku-buku pelajarannya sangat tidak mendidik, sampai yang baru-baru ini heboh yaitu pemblokiran situs-situs Islam, dan masih banyak kebijakan lain yang tidak kurangnya merugikan bangsa dan agama Islam.

Dalam tulisan ini saya hanya akan mengomentari poin ketiga saja yaitu pemblokiran situs Islam yang dilakukann oleh Kominfo atas perintah BNPT.

Wednesday, 1 April 2015

Tanah Kering Yang Disiram Air Hujan



30 menit berlalu layar laptop masih saja putih bersih. Mencoba mencari ide dari buku-buku bacaan yang tercecer di sekitarku, sayang sang ide belum juga mau menghampiri. Kubolak-balik lembar demi lembar dari satu buku yang kupilih, kusapu bersih setiap kata dari berbagai brosur yang memenuhi kamar. Ide pun masih enggan untuk mampir ke dalam pikiranku.

Kutatap keluar jendela, rupanya langit sedang mencurahkan air keberkahan-Nya. Aku suka sekali hujan, dia begitu menyejukkan hati. Diri ini begitu menikmati aroma tanah yang tersiram air hujan. Temanku pernah mengatakan sesuatu yang menarik tentang hujan. Dia bilang “Rindu adalah ketika tanah kering disiram air hujan.” 

Keluarga Narsis Nan Bahagia

Barusan buka facebook ada status temen yang cukup menggelitik, begini bunyi statusnya.

“Akhirnya bisa nulis status: ‘Mau nganter istri’ hehe..”

Membaca statusnya membuat aku tertawa. Ya, temanku itu memang baru saja menikah makanya baru bisa nulis status itu sekarang.

Lain lagi teman di BBM, dia juga belum lama ini menikah. Sebelum menikah dia jarang memasang foto pribadi. Tapi setelah menikah jadi sering pasang foto bersama istrinya. Ikut senang melihatnya, karena pasang foto berdua dengan yang sudah halal itu pastinya lebih baik dari pada belum halal udah bermesraan di foto, uuh…gak banget deh.

Gemari Karyanya, Jangan Penulisnya!

Saya jarang sekali baca novelnya Tere Liye. Novel pertama karya beliau yang saya baca adalah "Bidadari Bidadari Surga" dan itu su...