Wednesday, 2 December 2015

7 Teknik Pembuka Tulisan



Terlanjur berjanji pada seorang gadis untuk menuliskan ini. Jadi, ia bertanya pada saya bagaimana caranya menulis cerpen. Lebih tepatnya sih, dia minta diajarkan membuat cerpen yang baik. Duh, kenapa juga gadis itu minta diajarkan oleh saya? Lha, wong saya juga masih belajar ;(

Tapi boleh ya, sekedar berbagi sedikit ilmu yang pernah saya tahu. Berharap ilmu ini tidak menguap begitu saja dan semoga dapat membawa manfaat bagi kita semua, terutama yang mencintai dunia literasi.

Begini, gadis itu mengajukan pertanyaan, hal apa yang harus dipelajari lebih dulu untuk membuat cerpen? 


Mendengar pertanyaannya, saya jadi teringat oleh seorang penulis, pengusaha muda, inspirator, motivator dan CEO sebuah perusahaan, Brili Agung. Pernah saya mencatat sebuah artikel darinya tentang “7 Teknik Pembuka Tulisan”. Akhirnya jawaban itulah yang saya berikan padanya.

Mari simak 7 teknik yang dimaksud di atas!

7 Teknik Pembuka Tulisan

1.      Buka dengan pertanyaan kepada pembaca
Dengan dibuka oleh sebuah pertanyaan, pembaca seolah terlibat dalam proses tulisan tersebut. Pembaca akan merasa penasaran dengan jawaban yang akan diberikan oleh penulis di paragraf-paragraf selanjutnya.

2.      Buka dengan kutipan
Buat sebuah kutipan yang menarik atau bisa juga mengambil kutipan dari orang-orang terkenal, seperti ustadz, trainer, penulis, artis, dan lain-lain.

3.      Buka dengan dialog
Dialog-dialog yang segar maupun provokatif dapat menjadi pembuka yang efektif dalam sebuah tulisan. 

4.      Onomatopoeia
Membuka tulisan dengan onomatopoeia adalah teknik membuka tulisan dengan suara. Misalnya, suara harimau mengaum, suara bom meledak, suara derit pintu, dan lain-lain.

5.      Buka dengan fakta
Tampilkan sebuah fakta yang cukup mencengangkan dan meyakinkan pembaca untuk terus melanjutkan cerita hingga akhir.

6.      Buka dengan teka-teki atau humor
Jika paragraf pertama dapat membuat pembaca tersenyum-senyum, usaha menghibur dan membuat pembaca merasa senang, sudah kita dapatkan.

7.      Menggambarkan setting atau tokoh
Deskripsikan tokoh atau setting semenarik mungkin. Tokoh dan setting yang tidak biasa diharapkan dapat menggugah pembaca untuk menyelesaikan bacaannya.

Itulah 7 Teknik Pembuka Tulisan yang sedikit bisa saya bagi. Mulai sekarang, mari terapkan teknik-teknik tersebut di setiap tulisan yang akan dibuat. 

Terakhir, semoga cukup membantu si gadis yang ingin mulai membuat cerpennya. Pesan saya, “Jangan jadikan ini sekedar teori yang memenuhi otak kita. Mulailah mempraktekkan dan menulis sekarang juga!”

17 comments:

  1. saya masih belajar bagaimana membuat opening yang mengantarkan pembaca pada gugusan aksara selanjutnya, kadang saya merasa monoton dengan beberapa tulisan saya..
    hm semoga bisa dipraktekan
    terimakasih telah berbagi ilmunya mbak Nia ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, yuk sama2 belajar & berbagi ilmu ^^

      Delete
  2. Thanks mba tipsnya. iya ya kadang mau bikin tulisan bingung mulainya apa dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba, kadang makan waktu cukup lama untuk sebuah pembukaan,,,hihihi ^^

      Delete
  3. Tantangan bagi penulis pemula memang begitu, gimana cara memulainya dan mengakhirinya belum lagi kepotong ide di tengah jalan. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget. Tantangan yg cukup melelahkan, :D

      Delete
  4. yeay..masih belajar hingga bisa
    menaklukan point ke 6 ^_^
    ..f..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, udah sampe ke-6 aja...semangaaatt!!!

      Delete
  5. Masih belajar nih. Mumpung dapet artikel bagus mending langsung beajar aja. :D

    ReplyDelete
  6. Seuntai kata terima kasih dariku untukmu RukhaNia yang bersedia memberikan tulisan terbaik yang insyaa Allah teramat berharga bagiku, yang masih sangat baru belajar bagaimana caranya menulis dengan baik^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, si gadis yg ditulis akhirnya muncul juga :D
      Semoga berkenan. Kita sama2 belajar ya. Yuk mulai deh tulisannya ^^

      Delete
  7. klw saya sering pake yang nomor 10.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10? perasaan, saya cuma nulis 7 doang. hahaa...
      Kasih tau dong yg 3 lagi apa?

      Delete

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...