Saturday, 2 September 2017

Hari yang Padat Berisi dari Blogger Muslimah Indonesia

Potlock (tulisannya bener gak ya? :D). Saya baru tahu istilah ini sejak ikutan meet up Blogger Muslimah yang pertama dulu. Jadi, dalam kegiatan meet up Blogger Muslimah, seluruh peserta diwajibkan membawa makanan masing-masing. Jenisnya bisa apa saja, baik makanan basah atau kering selain goreng-gorengan. Karena lokasi di mana kita menyelenggarakan kegiatan meet up merupakan tempat yang mengutamakan makanan sehat, sedangkan goreng-gorengan tidak termasuk di dalamnya. Itulah yang dimaksud potlock. Nah, karena bawa makanan masing-masing dan bebas, sejak jauh-jauh hari saya mulai bingung apa yang akan dibawa pada acara meet up nanti. Secara saya tidak pandai memasak dan memang di kosan tidak ada alat masak, hehe. Akhirnya saya memutuskan membeli makanan ringan yang mudah dibawa. 

Sepekan yang lalu saya menghadiri acara Blogger Muslimah Meet Up untuk ke dua kali. Tepatnya  hari Minggu, 27 Agustus 2017. Berlokasi di kantor NutriFood, Menteng Square, Matraman. Ini kali ke tiga saya bertandang ke kantor NutriFood. Satu kali pada acara diskusi menulis dari satu komunitas dan dua kali acara Blogger Muslimah Meet Up. Kesan pertama saat melihat tempat ini yaitu; unik, menarik, nyaman dan sejuk. Keunikan tempat ini ada pada desain interior yang beda dari kantor-kantor lain. Biasanya sebuah kantor itu terlihat kaku dan membosankan. Sedangkan kantor NutriFood menyajikan sebuah ruangan yang membuat pengunjung menebak-nebak, “Ini kantor atau cafe & resto?”



Banyak ornamen benda-benda klasik yang ada pada jaman dulu alias jadul, seperti kamera jadul, miskroskop, setrika jadul, radio dan kipas angin yang unik. Benda-benda itu memang tidak digunakan, hanya menjadi atribut lucu yang bisa membuat foto-foto kami makin kece. Selain benda-benda jaman dulu, ada juga berbagai kutipan penyemangat dengan tulisan yang artistik. 






Tersedia juga banyak tempat sampah yang dibedakan berdasarkan jenis sampahnya. Sampah plastik, kertas dan organik. Tempat ini menjadi tempat yang layak direkomendasikan untuk mengadakan acara dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Karena memang ruangannya tidak luas, meskipun terdiri dari dua lantai. Sebagian besar acara dilaksanakan di lantai atas, sedangkan lantai bawah untuk rehat sejenak sambil duduk manis menikmati minuman sehat khas NutriFood serta berbagai penganan yang dibawa oleh peserta, dan tidak lupa foto-foto cantik. 




Acara Blogger Muslimah Meet Up ini berlangsung sejak pukul sembilan hingga pukul tiga sore. Dengan rangkaian acara yang padat, peserta tidak merasa bosan atau lelah, karena acara dikemas semenarik mungkin dengan dukungan para sponsor yang tak kalah seru. Dengan tema “Membaca Dunia Menulis Semesta” acara ini diawali dengan pemateri yang berkecimpung di dunia penerbitan, yaitu Mbak Rahmadiyanti Rusdi dari penerbit Noura Publishing. Beliau memaparkan dengan cukup lengkap seputar dunia penerbitan yang sudah ditekuninya selama kurang lebih sembilan tahun. Bertambah lagi ilmu para Blogger Muslimah hari ini dengan pemaparan dari Mba Dee. Ilmu seputar penerbitan ini membuat peserta semakin semangat untuk terus belajar, terutama ilmu kepenulisan. 

Rahmadiyanti Rusdi


Viva Cosmetics menjadi salah satu sponsor pada acara ini. Selesai menimba ilmu tentang dunia penerbitan, saatnya belajar mempecantik diri bersama Viva Cosmetics. Sesi ini disebut beauty class. Beberapa perwakilan Viva Cosmetics hadir untuk membantu para muslimah belajar mengaplikasikan make-up di wajah. Setelah perkenalan profil perusahaan Viva Cosmetic oleh Ibu Indah, kami melanjutkan acara beauty class yang dipandu oleh Mbak Erma. Satu per satu peserta menyiapkan diri dan alat make-up masing-masing yang telah dibagikan sebelumnya. Dengan sabar Mbak Erma menjelaskan fungsi masing-masing produk serta bagaimana cara yang tepat mengaplikasikannya ke wajah. 


Peserta menyimak dengan seksama arahan Mbak Erma dan mulai mempraktikannya selangkah demi selangkah. Sekitar pukul 12:30 beauty class pun usai. Seluruh peserta terlihat beda. Selain wajah merona, mereka terlihat cantik, cerah dan happy. Tak menyia-nyiakan waktu lagi, para peserta pun mulai mengabadikan wajah hasil make-up hari itu. 




Hari sudah semakin siang. Sesi selanjutnya adalah materi tentang menulis fiksi yang dibawakan oleh founder Blogger Muslimah, Novia Syahidah Rais. Uni Novia yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan membagi ilmunya seputar menulis fiksi. 

“Menulis fiksi harus tetap sesuai dengan logika”
“Modal dasar seorang penulis adalah; mencintai dunia menulis, giat membaca dan terus berlatih”
Rangkaian acara ditutup dengan pembagian doorprize, pengumuman pemenang lomba live tweet, instagram dan mini workshop di facebook. Hey! Tahukah kalian acara Blogger Muslimah Meet Up kali ini menjadi trending topic di twitter, lho. Alhamdulillah, semoga komunitas ini semakin dikenal dan semakin banyak menebar kebaikan. 

Berbagai macam hadiah yang disediakan semakin menambah antusias peserta untuk berlomba-lomba mengikuti lomba. Beruntungnya kami yang hadir hari ini. Para pemenang mendapatkan hadiah mulai dari khimar dan gamis dari Margaw, paket kosmetik dari Viva Cosmetics, sovenir lucu dari She Collection dan koleksi buku-buku dari Novia Syahidah Rais. Tentunya acara ini sukses terselenggara juga atas dukungan dari www.gogobli.com dengan tagline Go Healthy Go Beauty, gogobli menyediakan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. It's kind a perfect store for women’s need

@she_collection_id

doorprize buku

@viva.cosmetics


Hari yang padat berisi. Padat kegiatan yang berisi wawasan bagi pengembangan diri seorang muslimah agar dapat terus berkarya lewat tulisan. Tentunya setelah ini para Blogger Muslimah diharapkan dapat lebih berkembang dalam segala aktifitasnya yang positif, terutama di dunia blogging. Sampai jumpa di acara-acara seru Blogger Muslimah lainnya. 

Terima kasih  kepada semua sponsor yang telah mendukung berjalannya acara Blogger Muslimah Meet Up yang kece ini. 





12 comments:

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...