Thursday 23 January 2014

Abis Minjem Barang, Balikin Dong!




Masalah pinjam meminjam disekitar kita adalah hal yang biasa kita lakukan. Dari mulai pinjem barang, seperti baju, buku, tas, sampai pinjem uang dari nominal kecil sampai besar sekalipun. Tradisi pinjam meminjam ini bisa dilakukan oleh siapapun dari kalangan manapun. Mulai anak-anak sampai dewasa, dari orang miskin sampai orang kaya sekalipun tidak luput dari pinjam meminjam.

Dalam hal pinjam meminjam ini ada kewajiban dan hak yang harus dipenuhi. Kewajiban peminjam disini adalah merawat dan menjaga barang yang dipinjam dengan baik sehingga barang tersebut dikembalikan dalam kondisi baik seperti sediakala. Sedangkan hak untuk orang yang meminjamkan adalah mendapatkan barangnya kembali dalam kondisi baik tidak ada kerusakan apapun.

Namun demikian banyak orang yang kurang memperhatikan masalah ini. Terutama peminjam yang kurang bertanggung jawab dengan barang-barang yang mereka pinjam. Orang yang tidak bertanggung jawab, akan masa bodoh dan tidak peduli dengan barang yang mereka pinjam. Sehingga barang yang dipinjam tidak kembali dengan utuh malah bahkan barang tersebut sampai hilang.

Pengalaman seorang teman yang meminjam baju kepada teman yang lain. Sebut saja Si A, dia meminjam baju kepada Si B cukup lama sekali sampai akhirnya Si B menanyakan baju yang dipinjam itu, namun Si A lupa entah dimana baju yang dia pinjam. Yang pasti Si B kecewa dengan Si A yang tidak bertanggung jawab. Dan Si B akan kehilangan kepercayaan pada Si A. 

Barang sekecil apapun yang kita pinjam hendaknya kita jaga dengan baik, jangan sampai rusak apalagi hilang. Timbulkan rasa memiliki pada barang yang kita pinjam. Jika kita merasa memiliki barang tersebut, kita akan menjaganya dengan baik seperti menjaga barang milik kita sendiri. 

Agar kita tidak lupa atau bahkan menghilangkanbarang yang kita pinjam, sebaiknya begitu selesai menggunakan barang tersebut segeralah kembalikan kepada pemiliknya. Jangan sampai menyimpannya terlalu lama sehingga kita lupa dimana barang tersebut. 

Dalam pinjam meminjam juga dapat membuktikan bahwa kita adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Jagalah kepercayaan orang lain kepada kita dengan menjaga barang yang kita pinjam. Orang yang kita pinjam barangnya pasti akan senang dan tidak ragu untuk meminjamkan barang-barang lainnya jika kita dapat mengembalikannya dalam kondisi baik seperti sediakala.

Lain halnya jika kita sudah berusaha menjaga barang pinjaman itu, tapi ternyata ada hal-hal yang terjadi diluar kemampuan kita dan kita tidak bisa menghindarinya. Tentunya bukan ssemata-mata kesalahan yang terjadi itu disengaja, melainkan hal itu tidak disengaja. Maka kita harus meminta maaf atas apa yang terjadi pada barang yang dipinjam tersebut. Misalnya kita meminjam sebuah buku, namun karena sedang musim hujan akhirnya buku tersebut basah kehujanan atau bahkan kebanjiran. Tentunya hal ini tidak bisa kita hindari, oleh karena itu minta maaflah dan ceritakan dengan jujur apa yang terjadi. Insya Allah orang meminjamkan itu akan memaklumi dan memaafkan kita.

Marilah kawan mulai sekarang lebih memperhatikan lagi barang-barang apapun yang kita pinjam dengan baik. Rawat dengan baik, jaga jangan sampai rusak apalagi hilang. Jadilah orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya sesama kita.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...