Thursday, 17 November 2016

TEORI IKAN BUNTAL DARI KLAN BUMI


google

Raib. Yang aku tahu makna dari kata itu adalah hilang. Lalu mengapa pula nama tokoh dalam novel fantasi karya Tere Liye ini, Raib? Ya, benar saja. Ternyata Raib memang diceritakan sebagai anak yang memiliki kekuatan menghilang. Baik menghilangkan dirinya sendiri atau menghilangkan berbagai benda di sekitarnya. Hanya dengan meletakkan kedua telapak tangan di wajahnya, dan wuuff…Raib menghilang. Tubuhnya benar-benar raib, hilang, tak ada seorang pun yang mengetahui, bahkan kedua orangtuanya sekali pun.

Novel remaja dengan tema khayalan atau fantasi ini ditulis oleh penulis yang sangat produktif, Tere Liye. Tak butuh waktu hingga bertahun-tahun, karyanya selalu hadir dan hadir lagi. satu novel selesai launching, novel lain menunggu cetak. Satu novel best seller, karya lainnya sedang pre order

Khayalan tingkat tingginya kali ini dituangkan dalam novel berjudu “Bumi”. Seri pertama dari tiga novel lainnya “Bulan” dan “Matahari”. Saya menyimpulkan akan ada sekuel lanjutan berjudul “Bintang”. Karena Tere menyinggungnya dalam novel Bumi ini.


Baiklah, kembali kepada isi cerita dari novel Bumi ini. Buku ini bercerita tentang petualangan tiga orang remaja berusia 15 tahun di dunia lain. Raib, memiliki kekuatan yang tak disangka-sangka, yaitu menghilang. Seli, teman sebangku Raib juga memiliki kekuatan bisa mengeluarkan petir dan dapat mengalirkan listrik dari tubuhnya. Berbeda dengan dua orang lainnya, Ali sama sekali tidak memiliki kekuatan apa pun.

Ali digambarkan sebagai anak yang urakan, rambut dan bajunya tak pernah rapi, malas, nilai pelajarannya selalu berada di posisi paling bawah diantara teman-teeman sekelas. Seli dan Ra (panggilan untuk Raib) sangat tidak menyukai Ali yang mereka anggap sebagai anak pembuat onar. Tapi siapa sangka? Mereka dapat bertualang bersama menjadi satu tim yang saling menolong, mendukung dan melindungi.

Suatu hari Ra lupa tidak membawa buku PR Matematikanya. Guru matematika yang terkenal killer, para siswa memanggilnya dengan sebutan Miss Keriting, karena memang ia berambut keriting yang lebat, menyuruh siapa saja yang tidak mengerjakan PR untuk keluar kelas dan  berdiri di lorong depan kelas. Tidak menunggu perintah berulang, Ra langsung beranjak dari tempat duduknya menuju keluar kelas. Disusul Ali yang memang sudah terkenal malas mengerjakan PR.

Di situlah Ali mengetahui rahasia besar Ra yang bisa menghilang, tapi Ra berusaha menyangkal karena tidak ingin ada seorang pun yang tahu. Ali adalah anak yang sebenarnya memiliki otak jenius sangat penasaran, tak henti-hentinya memaksa Ra untuk mengakui jika ia bisa menghilang. 

Petualangan Ra, Seli dan Ali ke dunia lain berawal dari peristiwa yang cukup membahayakan yang terjadi di sekolah mereka. Sebuah gardu listrik yang tiba-tiba meledak dan menyebabkan guncangan dahsyat menimpa Ra dan Seli yang sedang berada di dekatnya. Tak sempat menghindar, demi menyelamatkan nyawa sahabatnya, Seli terpaksa mengeluarkan kekuatannya menahan tiang-tiang listrik yang akan jatuh menimpa Ra.

Ra sangat terkejut mengetahui Seli memiliki kekuatan besar seperti itu. namun sangat disayangkan rupanya Seli tak sekuat yang dipikirkan. Tiang-tiang berukuran besar terlalu kuat sehingga Seli tak mampu menahan lebih lama. Ra tak bisa berbuat apa-apa kecuali membuat tiang-tiang itu menghilang demi keselamatan mereka. Hal itu pun membuat Seli terkejut dengan apa yang baru saja ia saksikan.

Ali satu-satunya orang yang mengetahui kekuatan Ra dan Seli. Ia menganggap ini adalah sesuatu yang keren. Seorang manusia bisa menghilang dan mengeluarkan petir sangat membuatnya bersemangat dan penasaran. Demi menjaga rahasia besar kedua temannya, Ali segera membawa mereka bersembunyi di aula sekolah. Di aula inilah terjadi pertempuran besar antar dunia.

Belakangan diketahui Ra yang mempunyai kekuatan menghilang berasal dari Klan Bulan dan Seli berasal dari Klan Matahari.  Sedangkan Ali yang tidak memiliki kekuatan apa pun hanya berasal dari kaum rendah atau Klan Bumi. Dari pertarungan di aula sekolah melawan Tamus, warga klan bulan, yang ingin mengambil Ra sebagai anak muridnya, terus berlanjut hinggga dunia lain, yaitu klan bulan tempat di mana Ra berasal.

Dunia klan bulan merupakan dunia tercanggih dengan teknologi mutakhir yang tidak ada di bumi. Rumah-rumah yang ada di kota klan bulan didesain jauh dari tanah. Rumah mereka berada bermeter-meter di atas tanah. Sedangkan di bawah rumah mereka adalah sebuah hutan dengan pemandangan indah. Hunian unik di klan bulan berbentuk bulat dengan tiang-tiang penyangga yang tetap menancap di tanah. Klan bulan tidak ingin merusak hutan dan alam, sehingga didesainlah bangunan rumah yang berada di atas permukaan tanah.

Tamus bersikeras ingin mendapatkan Ra, karena hanya Ra yang bisa mewujudkan dirinya menjadi penguasa klan bulan. Beruntung Ra dan teman-temannya tersesat di klan bulan di rumah seorang yang baik hati sekaigus terkenal diseluruh klan bulan. Ilo, seorang pemilik rumah yang menjadi tempat terdamparnya Ra, Seli dan Ali memutuskan untuk menolong anak-anak itu kembali ke dunia mereka. Akan tetapi Tamus tidak tinggal diam.

Tamus melancarkan berbagai strategi bagaimana acaranya membawa Ra ke hadapannya. Hingga akhirnya Ra dan teman-temannya terjebak orang strategi licik Tamus. Miss Selena yang telah babak belur melawan Tamus di aula sekolah tadi, menjadi umpan agar Ra datang pada Tamus. Idenya berhasil membuat Ra datang ke perpustakaan sentral yang ada di kota klan bulan.

Demi menyelamatkan guru matematika yang sudah bertaruh nyawa menolong anak-anak muridnya, Ra memutuskan untuk datang membebaskan miss Keriting. Ra, Seli dan Ali terperangkap dalam jebakan Tamus hingga hampir saja Tamus berhasil menjadi penguasa klan bulan.

Novel penuh khayalan liar sang penulis ini menunjukkan betapa imajinasi penulis bekerja dengan sangat rapi dan memiliki daya khayal tingkat tinggi. Tere Liye sangat ahli dalam hal ini. Saya selalu dibuat kagum oleh setiap ide yang dihasilkan hingga menjadi sebuah cerita yang kaya gizi, informatif sekaligus menghibur.

Novel ini berjudul Bumi, tapi penokohan lebih menonjol pada Raib seorang remaja keturunan klan bulan. Sedangkan Ali yang berasal dari klan bumi benar-benar dianggap sebagai orang yang lemah yang tidak mempunyai kekuatan apa pun. Saya sebelumnya agak bingung, jadi apa korelasi antara judul buku dan isi cerita. Namun, kebingungan saya terjawab menjelang akhir cerita novel ini.

Ketika mereka sudah tidak memiliki daya upaya lagi untuk melawan Tamus, Ali tiba-tiba saja beraksi mempraktekkan teori ikan buntal yang pernah ia ceritakan pada Ra. Ikan buntal akan mengubah tubuhnya menjadi lebih besar dari ukuran normal pada saat ia terdesak atau marah. Begitulah Ali, manusia dari klan terendah, klan bumi, yang berubah wujud menjadi yang paling kuat hingga akhirnya dapat mengalahkan Tamus. 

Tere Liye menulis novel fantasi remaja yang berbeda dari cerita-cerita remaja yang biasanya hanya bertemakan cinta. Cerita yang diangkat cukup membangkitkan imajinasi pembaca. Kreatifitas tinggi terlihat dari setiap detil cerita yang mungkin tidak terpikirkan oleh pembaca. Sekali lagi saya kagum dengan penulis yang satu ini, selalu menyajikan cerita-cerita baru dan tak pernah kehabisan ide.



10 comments:

  1. Penasaran jg gmn tuh tere liye dpt ide cerita khayalan tingkat tingginya, hehe.. Slma ini novelnya kan lbh bnyk berkisah seputar dunia nyata.
    Anyway, resensi yg enak dibaca. Lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baru kali ini juga baca novel dia dengan tema berbeda dari sebelum2nya.

      Thanks for comment anyway ^^

      Delete
  2. Wah ternyata novel fantasi di Indonesia bisa laku juga. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa...bisa...bisa yg penting bisa nulisnya, :D

      Delete
  3. wah belum punya buku Tere Liye yg ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga saya boleh pinjem sama temen, langsung 3 seri; Bumi, bulan, matahari....heheee

      Delete
    2. Ini juga saya boleh pinjem sama temen, langsung 3 seri; Bumi, bulan, matahari....heheee

      Delete
  4. Tere Liye, pantas namanya selalu di elu-elukan pembaca. Cerita yang menarik, jadi penasaran baca. Tulisannya bagus dan enak dibaca....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Penulis yg sangat kreatif dan produktif.

      Delete
    2. Bener banget. Penulis yg sangat kreatif dan produktif.

      Delete

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...