Wednesday, 22 March 2017

Jangan Bepergian Kecuali ke Tiga Tempat Ini



Bagi kita yang menyukai traveling atau memiliki mimpi bisa pergi ke luar negeri, pasti akan dengan mudah menyebutkan negara mana yang menjadi impian kita untuk dikunjungi. Amerika, Prancis, Jepang, Dubai, Turki, dan negara-negaraa tujuan wisata lainnya. Bagi mereka yang mendapat ujian dengan kelebihan harta, akan dengan mudah mewujudkan keinginan untuk traveling ke mana pun mereka mau. 
 
Tapi, tahukah kita bahwa ada tiga tempat yang wajib dikunjungi oleh umat Islam selagi ia hidup di dunia?

Rasulullah Saw. bersabda: 

“Jangan sering-sering bepergian, kecuali ke tiga tempat ini, yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa.”

Hadist lainnya berbunyi,


“Jangan kamu paksakan diri untuk bepergian kecuali ke tiga masjid, Masjidil Haram, Masjidku (Nabawi) dan Masjid Al-Aqsa.”
 
Makna hadist tersebut adalah berkunjung ke tiga masjid itu adalah wajib bagi umat Islam. Kebanyakan orang sudah mencukupkan dirinya dengan menunaikan ibadah haji atau umrah ke Mekah dan Madinah, sedangkan Masjid Aqsa belum ada dalam daftar tujuan kita. padahal Masjid Aqsa termasuk tempat yang wajib didatangi oleh umat Islam.

Sedikitnya sekitar 4000 jama’ah setiap harinya yang melakukan ibadah umrah, lalu bagaimana yang ke Masjid Al-Aqsa? Mungkin kita akan melontarkan pertanyaan, “Ngapain ke Al-Aqsa?” “Memang di sana aman?”

Sesungguhnya jika kita berniat untuk beribadah dan sujud di Masjid Al-Aqsa dengan sungguh-sungguh, insyaallah Allah pasti akan memudahkan, karena Ia MahaMendengar dan MahaMelihat.

Dalam kajian yang disampaikan oleh Ustadz Arifin Nugroho yang kita tahu beliau adalah host dari acara Poros Surga di Trans 7, diputar video perjalanan Ustadz ke Masjid Al-Aqsa. Dalam video tersebut Ustadz berjalan kaki dari hotel tempat beliau menginap menuju masjid Aqsa yang jaraknya tidak terlalu jauh.

 
Masjid Al-Aqsa terletak di Jerussalem Timur. Selama melakukan jalan kaki tersebut, diperlihatkan suasana kota yang kondusif dan cukup aman layaknya kota-kota lain di mana pun. Beliau melewati pasar, pertokoan, tempat-tempat bersejarah para nabi. Beliau juga sempat bercengkrama dengan  anak-anak kecil yang riang bermain sepeda di jalan.
 
Masjid Aqsa yang telah dikuasai oleh zionis Israel sejak 1967, disebut juga masjid Qibli (kiblat), karena posisinya menghadap kiblat, yaitu masjidil Haram. Terdapat beberapa masjid yang terletak di komplek masjid Al-Aqsa. Salah satunya yang sangat kita kenal adalah Dome of the Rock. Banyak orang salah sangka, mengira Dome of the Rock adalah masjid Al-Aqsa.

Dome of the Rock
 
Masjid Aqsa terletak tidak jauh dari Dome of the Rock. Masjid itulah yang sering kita dengar beritanya tentang penyerangan oleh Israel. Orang-orang Palestina rela bila tanah dan rumah-rumah mereka digusur oleh tentara Israel. Tapi satu hal, jangan coba-coba menyentuh sejengkal  pun tanah dari masjid Al-Aqsa.  Karena mereka akan tetap melindungi masjid ke tiga umat Islam itu, walau berkorban nyawa sekali pun.

Dalam QS. Al-Isra ayat 1, tutur Ustadz Arifin, sesungguhnya Allah SWT sedang mempromosikan masjid Al-Aqsa dengan empat poin:

Allah bawa Nabi Saw. ke tempat mulia. Bukan hanya Nabi Muhammad, melainkan hampir semua nabi pernah menginjakkan kaki di masjid Aqsa. Tidakkah kita, umat Islam ingin pergi ke sana, ke tempat di mana para nabi yang mulia meninggalkan jejaknya?

Masjid yang telah Allah berikan keberkahan hingga sekelilingnya. Sekeliling masid Aqsa adalah tempat yang penuh berkah, apalagi masjid Aqsa itu sendiri. Keberkahan begitu melimpah di dalamnya.

Agar Kami memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan Kami. Masjid Aqsa merupakan salah satu kekuasaan Allah.

Sesungguhnya Alah MahaMendengar lagi MahaMelihat. Siapa saja yang bersungguh-sungguh untuk bisa mengunjungi masjid Aqsa, Allah akan mudahkan baginya, kembali kepada niat masing-masing, apa kita akan sungguh-sungguh mengusahakannya.
 
Kembali ke hadist di atas, maka masjid Aqsa sangat layak kita usahakan dan impikan untuk bisa dikunjungi. Ia wajib ada dalam list tempat yang wajib dikunjungi sebelum mati. Karena orang yang meninggal dalam keadaan mampu tapi tidak datang ke tiga masjid itu, Allah akan tanyakan mengapa engkau tidak mengunjunginya.

Mulai  saat ini mari kita tambahkan masjid Aqsa ke dalam list tempat yang wajib kita kunjungi sebelum mati. Niat sungguh-sungguh, usahakan dengan maksimal dan Allah akan membuka jalan.  


No comments:

Post a Comment

Jadikan Buku Benda Favorit Anak

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menghadiri sebuah seminar dengan tema “Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca”. Sa...