Wednesday 25 June 2014

Wisata Taman Kota Murah Meriah



Tidak banyak tempat-tempat wisata yang menarik di Ibukota. Tempat wisata yang umum diketahui oleh masyarakat adalah Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Wisata Kota Tua, Monumen Nasional (monas), Dunia Fantasi, dan tidak ketinggalan wisata belanja di mall-mall yang bertebaran seantero Jakarta.

Jika ditanya apa saja tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta, pasti nama-nama tempat yangg saya sebutkan di atas tidak pernah ketinggalan. Saya sendiri warga Jakarta tidak terlalu sering mengunjungi tempat-tempat itu. Ada rasa bosan yang datang jika berkunjung kesana. Kenapa? Karena menurut saya tidak banyak yang menarik dari tempat-tempat itu. Selain biaya masuk yang agak mahal, kebersihanpun kurang terjaga disana.


Tapi jangan khawatir, saya telah menemukan tempat yang asik untuk berwisata. Bukan wisata yang mahal dan cenderung tidak terlalu ramai pengunjung. Hanya pengunjung yang datang disekitar lokasi ini saja. Tempat itu adalah sebuah taman yang berada di daerah Menteng Jakarta Selatan, namanya Taman Suropati.
Taman Suropati bisa menjadi tempat wisata alternative buat kita yang bosan dengan wisata yang itu-itu saja. Kita dapat menuju lokasi dengan menggunakan bus kota nomor 213 dari terminal Kp.Melayu yang bertarif Rp.3000. 

Taman ini lumayan luas. Kita tidak perlu membayar tiket masuk, karena ini adalah taman umum yang berada disekitar lokasi perumahan di Menteng. Saya sering mengunjungi taman ini pada hari Minggu dimana hari itu adalah hari rutin untuk komunitas yang saya ikuti melakukan pertemuan dengan sesama anggota komunitas.
Taman ini selalu ramai setiap Minggu pagi. Berbagai macam aktifitas yang dilakukan oleh pengunjung seperti, jogging, menemani anak-anak bermain, kopdar komunitas, sampai ada juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto. Taman ini cukup bagus dan bersih, karena memang ada petugas yang menjaga kebersihannya. Pohon-pohon rindang dan tata taman yang indah sering dijadikan tempat yang bagus untuk berfoto. Di sini juga terdapat banyak burung merpati yang beterbangan bebas. Bagi kalian yang suka berfoto, jangan lupa berfoto bersama burung-burung ini ya.

Khusus dihari Minggu banyak orang yang melakukan olah raga di sini. Ada yang jogging, bersepeda, senam, sampai yoga. Selain itu banyak juga komunitas-komunitas yang menjadikan taman ini sebagai tempat mereka untuk kopi darat. Ada komunitas pecinta binatang yang membawa serta binatang-binatang peliharaan mereka, komunitas bahasa Inggris yang melakukan aktivitas setiap Minggu pagi di sini. Selain itu ada juga sebuah band yang selalu perform di taman ini untuk menghibur para pengunjung. Dan komunitas music khususnya biola yang berlatih disini.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan salah satu komunitas tersebut, dapat langsung bergabung ataupun menggali informasi dari para anggotanya. Dan pastinya mereka akan dengan senang hati menyambut kita.
Bagi teman-teman yang suka jajan, disini juga banyak terdapat pedagang-pedagang makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Ada es doger, bakso, tahu gejrot, ketoprak, kopi dan minuman rasa lainnya. Jadi bagi kalian yang sudah lelah berolah raga dan merasa lapar, langsung saja pesan salah satu jajanan yang kalian suka. 

Taman ini masih ramai sampai siang hari, karena selain orang-orang yang berolah raga, banyak juga keluarga yang membawa anak-anak mereka berjalan-jalan ke taman. Kita bisa santai bersama keluarga maupun teman-teman dengan menikmati suasana taman, ditemani alunan music sambil duduk-duduk dibangku taman yang tersedia.

Menariknya lagi, selain pengunjung local, tidak sedikit pengunjung asing atau turis yang datang berkunjung ke Taman Suropati. Para turis itu ada yang berasal dari Spanyol, Scotlandia, Vietnam, dan Timur Tengah. Ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk komunitas Bahasa Inggris untuk mempraktekkan Bahasa Inggris mereka langsung dengan orang asing.

Untuk keamanan tidak usah khawatir, karena di taman ini ada pos polisi yang siap membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain pos polisi, fasilitas lain yang tersedia ada juga WC umum. Dan untuk kita umat Muslim yang ingin melakukan sholat, ada Masjid Sunda Kelapa yang berada tidak jauh dari taman. Kita dapat menempuhnya dengan berjalan kaki.

Sebagai temapat wisata alternative yang murah meriah, tempat ini sangat cocok buat kita yang ingin menikmati sisi lain hiruk pikuk kota Jakarta. Untuk teman-teman di daerah yang sedang berkunjung ke Jakarta, jangan lupa berkunjung ke Taman Suropati ya.

Berikut foto-foto Taman Suropati


Tempat olah raga yang asik



Spot buat foto yang keren
  

Burung-burung bebas beterbangan


Teduh dan nyaman dengan banyaknya pohon

Salah satu komunitas Bahasa Inggris yang sedang ngobrol dengan pengunjung dari Spanyol

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...