Sunday 17 August 2014

Bahagia atau Sedih, Kita Selalu Bertemu


Kita dipertemukan dalam dua keadaan, yaitu dalam kebahagiaan dan kesedihan. Dalam kebahagiaan biasanya seluruh anggota keluarga akan berkumpul untuk merayakan kebahagiaan tersebut. Suasana bahagia dapat dirasakan pada saat hari kelahiran anggota keluarga baru, ulang tahun, pesta pernikahan, hari raya dan liburan bersama. Dalam event-event tersebut biasanya anggota keluarga yang jauh sekalipun akan datang berkumpul bersama, terutama pada saat hari raya.


Memang sangat menyenangkan bertemu dengan anggota keluarga yang sudah lama berpisah, apalagi jika kita tinggal di kota yang berbeda. Ketika berkumpul kita dapat berbagi cerita, pengalaman, tertawa, bercanda bersama keluarga. Oh, betapa senangnya hari itu, serasa waktu tak ingin berlalu. Pada saat liburan tiba juga dapat dijadikan momen bahagia bersama keluarga. Kita dapat pergi berlibur bersama menikmati hari-hari santai tanpa rutinitas yang membosankan. Walaupun tidak pergi keluar untuk berlibur, namun kita tetap bisa menghabiskan waktu liburan di rumah bersama keluarga tercinta.

Masa-masa bahagia itu sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang, sangat dirindukan oleh mereka yang merantau jauh dari keluarga. Namun tidak semua orang bisa merasakan kebahagiaan berkumpul bersama keluarga tercinta. Banyak factor yang menjadi penghalang untuk berkumpul bersama keluarga, seperti; pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, kesibukan masing-masing anggota keluarga sehingga sulit untuk berkumpul, jarak yang terlalu jauh yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan akhirnya kita merayakan hari bahagia di tempat masing-masing, entah sendirian, bersama teman, relasi, dan lain sebagainya.

Selain dipertemukan oleh kebahagiaan, kita juga sering dipertemukan oleh kesedihan. Momen kesedihan yang dapat menjadi alasan berkumpulnya anggota keluarga adalah jika terjadi musibah yang menimpa anggota keluarga seperti, keluarga yang sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit dan adanya anggota keluarga yang meninggal dunia. Dipertemukan dalam kesedihan adalah hal yang sangat tidak kita inginkan, tapi itu adalah episode hidup yang harus kita jalani. Keluarga yang jauh dan jarang berkumpul, tidak jarang sebisa mungkin akan mengorbankan waktunya untuk mengunjungi keluarga yang terkena musibah tersebut.

Kedua hal tersebut, kebahagiaan dan kesedihan tidak dapat kita pungkiri pasti terjadi dalam kehidupan kita. Episode hidup yang harus dijalani dan harus diterima sesuai apa yang telah ditentukanNya. Jika harus memilih, semua orang pasti hanya menginginkan kebahagiaan saja yang ada dalam hidupnya, namun kita tidak bisa memilih. Kita tidak bisa hanya memilih kebahagiaan saja dan menyingkirkan kesedihan, karena kedua hal tersebut akan selalu ada dalam fase kehidupan kita.

Maka syukurilah masa-masa berkumpul bersama keluarga disaat bahagia, namun ingatlah bahwa kebahagiaan itu tidak selamanya akan kita rasakan. Masa kesedihan akan datang, tapi hal itu jangan menjadikan kita terpuruk, melainkan kita akan menjadi kuat, tegar dan tabah dalam menjalani ketentuanNya.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...