Tuesday 26 August 2014

Dulu Aku…

Dulu jamannya masih SMP&SMA aku suka banget sama lagu-lagu barat. Aku suka banget nonton MTV (music television), sampae-sampe lagi UAN aja aku belajarnya didepan TV sambil nonton MTV, hehe…(jangan ditiru ya :)

Aku lebih suka lagu-lagu barat yang berbahasa Inggris dari pada lagu Indonesia. Mungkin karena aku suka sama Bahasa Inggris kali ya. Kalau dengerin lagu Bahasa Inggris aku jadi sambil belajar. Aku jadi tau cara pengucapan kata-katanya, aku juga jadi tertarik untuk menerjemahkan ke Bahasa Indonesia, jadi bisa lebih memahami artinya, dan pastinya menambah kosa kata dalam Bahasa Inggris.

 

Aku suka lagu-lagu pop, pop-rock, klasik, beat. Aku suka sama boyband/girlband pada masa itu seperti, weslife, backstreet boys, blue, the moffats, the corrs, M2M, spice girl, five, savage garden, MLTR, 98 degrees, n'sync, boyzone, ehm…apa lagi ya? 

Aku suka banget lagu-lagu mereka, sampe dihafalin liriknya,,hehe. O ya waktu itu ada acara siaran radio yang khusus ngebahas lirik-lirik lagu barat. Aku suka banget acara itu, pasti aku tunggu setiap minggunya. Kalau siarannya udah mau mulai, aku selalu siapkan buku catatan dan pinsil untuk mencatat lirik lagu pada hari itu. Setelah selesai dicatat, barulah aku nyanyikan bersama dengan diputarnya lagu tersebut. Wahhh, seneng banget deh pokoknya :)

Setelah tau lirik lagunya, aku akan menyanyikan lagu itu terus sampai hafal,,,hehe. Setiap hari acara yang aku nanti-nantikan adalah MTV. Aku bisa liat video clip dari lagu yang aku suka, dan tidak jarang sang pembawa acara mewawancarai para penyanyi yang aku suka tersebut. Seneng banget ada penyanyi idola yang muncul dan sedang diwawancara. Selain dari MTV, aku juga tidak jarang membeli kaset lagu-lagu mereka (jadul ya dulu masih kaset, hehe). O ya selain lagu-lagu mereka yang aku suka, aku juga suka boyband-boyband itu karena mereka ganteng-ganteng,,,hehe *dasar ABG.

Dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, aku jadi semakin suka dan semakin ingin bisa berbahasa Inggris dengan baik. Alhamdulillah nilai Bahasa Inggrisku di sekolah juga bagus-bagus. Nilai pelajaran yang lain gimana? Yaahh….lumayanlah,,,hehe.

Lain dulu lain sekarang…

Aku masih suka mendengarkan lagu-lagu mereka sampai sekarang. Aku sering mendengarkan dilaptop, handphone atau radio yang masih sering memutarkan lagu-lagu lama. Tapi sekarang sudah tidak lagi tuh acara MTV diTV. Aku pun memang jarang sekali nonton TV, jadi ga terlalu update untuk lagu-lagu jaman sekarang. Aku tidak terlalu kenal dengan lagu-lagu dan penyanyi  sekarang. Tapi menurut aku, lagu-lagu sekarang tidak lebih bagus dari yang dulu. Aku tidak terlalu suka dengan lagu-lagu saat ini. Walaupun ada beberapa yang aku suka, tapi tidak se-excited dulu.

O ya, sekarang aku sudah mulai menyukai lagu-lagu Indonesia sedikit-sedikit. Hanya lagu-lagu tertentu saja yang aku suka, karena aku juga tidak terlalu update dengan penyanyi Indonesia. Seiring berjalannya waktu, rasa suka terhadap music mulai berkurang. 

Setelah aku tau music ternyata dapat melalaikan kita dari mengingat Allah. Aku mulai mengurangi mendengarkan musik-musik itu. Namun sekali-sekali aku masih mendengarkannya ditambah lagu-lagu religi. Aku mulai suka mendengarkan lagu religi, karena kakakku tidak suka lagu barat, dan dia selalu melarangku untuk mendengarkan lagu barat. Lagu religi yang maksud adalah nasyid. Semakin sering aku mendengarkan lagu-lagu nasyid, akupun semakin menyukainya.

Lagu nasyid yang aku suka adalah, raihan, opick, saujana, the zikr, debu, brothers (tetep ye,,,masih jadul,,,heheh). Kalau sekarang aku suka banget sama Maher Zain. Selain memang lagunya bagus-bagus, aku juga tetap bisa belajar Bahasa Inggris dari lagu-lagunya. Maher Zain adalah penyanyi religi asal Swedia, dan menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris maupun bahasa lainnya, seperti Arab, Turki, Indonesia, India, dll.

Menurutku music apapun yang kita suka, jangan sampai melalaikan kita dari mengingatNya. Kalau kalian tau music itu melenakan, sampai-sampai tidak mendengar panggilan sholat, maka sebaiknya ditinggalkan, kalau tidak bisa ditinggalkan sama sekali, ya dikurangilah sedikit-sedikit. Cari alternatif lagu-lagu lain yang mengajak kita lebih dekat padaNya. Selain itu jangan hanya mendengarkan saja yang hanya memuaskan nafsu pribadi, tapi dari lagu pun kita bisa belajar. Terutama belajar bahasa. Mendengarkan lagu-lagu dari Negara lain dapat menjadi cara kita belajar bahasa, begitupun jika kita mendengarkan lagu-lagu religi, kita dapat pelajaran agama. 

Semoga waktu kita tidak terbuang sia-sia hanya untuk mendengarkan lagu. Gunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya. Waktu yang digunakan untuk mendengarkan music dapat diganti dengan membaca buku atau membaca Al-Qur’an, lebih bermanfaat dan menambah pahala.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...