Saturday, 9 July 2016

Salah Satu Obat Galau




Galau? Sedih? Banyak masalah? Derita yang tak pernah berakhir?

Tenang. Bukan Cuma kamu kok yang mengalaminya. Hampir semua manusia yang masih hidup pasti pernah mengalami kesedihan dan kesulitan. 

Lalu bagaimana kita menghadapi berbagai permasalahan hidup yang berat ini? Setiap orang punya cara masing-masing dalam menyelesaikan masalahnya.

Ada yang datang ke orang yang dapat dipercaya untuk menumpahkan sakit hatinya atau biasa disebut dengan curhat, mencurahkan isi hati. Ada yang mendatangi orang ketiga dengan niat orang tersebut dapat memberi solusi bagi permasalahan di dalam rumah tangganya, misanya psikolog, ustadz, orangtua.


Ada yang bermunajat di sepertiga malam mengadu pada Allah meminta jalan keluar yang terbaik. Ada yang mencoba menghilang melarikan diri dari masalah yang menghampirinya, padahal hal itu bukannya menyelesaikan masalah tapi malah membuat masalah semakin berlarut-larut. Bahkan ada yang mengambil cara yang lebih ekstrim dalam menyelesaikan masalah melakukan hal-hal yang diharamkan seperti bunuh diri.

Dari berbagai cara menyelesaikan masalah di atas, ada sebagian orang yang mencari solusi bagi permasalahannya dengan mengunjungi toko buku dan mencari buku-buku yang dibutuhkan yang berisi jawaban atas permasalahannya. Ya, buku bisa menjadi salah satu cara menyelesaikan masalah yang cukup efektif. Banyak bertebaran buku  tentang motivasi diri, buku agama, buku pengembangan diri, buku psikologi, bahkan sebuah novel sekali pun dapat menjadi penghilang kegundahan yang tepat bagi sebagian orang.

Namun tidak semua buku yang dicari dapat menjawab segala keresahan dan permasalahan yang kita hadapi. Inilah salah satu cikal bakal dituliskannya buku “Ya Allah Tolong Aku” karya A.K. Penulis menuturkan bahwa suatu saat ia sedang ditimpa masalah yang cukup membuat hidupnya tidak tenang. Ia pun memutuskan untuk pergi ke toko buku mencari buku yang dapat meringankan masalahnya. A.K tidak beruntung kali itu, buku yang ia cari tidak pernah ada. Bukannya frustasi atau kecewa berat akan hal itu, justru hal itu malah memercikkan ide dalam pikirannya. Ia berpikir mengapa tidak ia tuliskan saja sendiri buku yang ia butuhkan. Akhirnya terbitlah buah karya pikirannya itu dalam bentuk buku.

Saya jadi teringat kata-kata dari seorang penulis besar Indonesia, ia mengatakan, jika kamu ingin membaca sebuah buku tapi buku itu tidak ada di toko buku, itu berarti kamu sendirilah yang harus menuliskannya. Kata-kata itu menjadi salah satu semangat saya untuk menulis hingga sekarang.

Kembali pada buku “Ya Allah Tolong Aku”, buku ini mengulas tentang bagaimana seseorang seharusnya bersikap dalam menghadapi permasalahan hidup yang menimpa. Di dalamnya dikupas tuntas berbagai sebab terjadinya sebuah masalah, apa itu kesedihan, apa itu kebahagiaan, bagaimana mangatasi kesedihan, bagaimana mengelola kebahagiaan, apa tujuan Allah memberikan masalah hidup untuk hambaNya, dan lainnya.

Semua ditulis dengan lengkap disertai ayat-ayat Al-qur’an dan hadis sebagai penguat tulisan. Bahasa yang disampaikan cukup ringan dengan menggunakan kata-kata yang tidak jauh dari keseharian kita. Di setiap akhir bab, penulis membubuhkan sebuah kesimpulan plus tips dan doa-doa sebagai penguat hati yang gundah.

Bagi teman-teman yang mungkin sedang memiliki permasalahan yang cukup berat, buku ini bisa menjadi salah satu pilihan yang setidaknya dapat meringankan dan membuka hati kita bahwa Allah tidak akan menimpakan musibah yang melebihih kemampuan hambaNya. Allah tempat mengadu, Allah tempat kembali, Allah pemberi solusi terbaik bagi setiap masalah manusia di dunia ini.

3 comments:

  1. Ide bagus; terapi masalah dg baca buku. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  2. Tambah lagi nih list buku yg harus dibaca. Thanks rekomendasinya :D

    ReplyDelete
  3. You're welcome.
    Happy reading ^^

    ReplyDelete

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...