Wednesday, 31 January 2018

Jangan Mager Kalau Mau Jadi Blogger


FLP Jakarta squad


Blog saya ini usianya entah sudah berapa tahun. Yang pasti sudah bertahun-tahun. Tapi kok ya gak ada kemajuan, gitu-gitu aja. Padahal katanya dari nge-blog itu kita bisa dapat penghasilan, lho? Lalu, bagaimana caranya supaya nge-blog bisa menebalkan isi dompet? Nah, makanya yuk belajar lagi.


Komunitas penulis Forum Lingkar Pena Jakarta baru saja menggelar acara yang bertajuk Workshop Blogger FLP Jakarta: Blogger Anti Mager. Acara diselenggarakan di gedung Proxsis yang berlokasi di Permata Kuningan Building, lt.17 Jl. Kuningan Mulia Kav.9 Kawasan Bisnis Epicentrum HR. Rasuna Said, Jakarta. Proxsis menyediakan tempat yang begitu nyaman dan sejuk. Ruang kelas pun telah ditata dengan rapi, dengan jejeran meja dan kursi serta layar monitor in focus. Yang namanya belajar nge-blog, pastinya harus dipenuhi dengan alat untuk menulis blog, apalagi kalau bukan laptop dan wifi. Dan Proxsis juga telah menyediakan stop kontak di setiap meja untuk mengisi daya laptop, wifi pun mengalir dengan kencang.

ruang kelas belajar blog di Proxsis
 
Workshop kali ini menghadirkan Jun Joe Winanto sebagai tutor. Beliau merupakan blogger yang telah memiliki pengalaman nge-blog yang tidak diragukan lagi. Untuk menjadi blogger professional membutuhkan proses yang tidak instan. Ada tahapan-tahapan penting yang harus dilalui. Mulai dari belajar mengetahui seluk beluk blog itu sendiri. Apa itu blog, bagaimana sejarah blog terjadi, apa motivasi kita nge-blog, kemudian temukan ciri khas blog kita (food blogger, travel blogger, lifestyle, dll).

Sebagai pemula hendaknya kita jangan langsung mengharapkan penghasilan besar dari nge-blog, karena langkah awal yang harus kita bangun adalah membiasakan menulis di blog minimal satu hari satu tulisan yang diposting di blog. Kemudian, seorang pemula biasanya belum menemukan ciri khas yang tepat untuk blognya. Karena biasanya kita menulis apa pun yang ingin ditulis. Namun, seiring berjalannya waktu dan tulisan kita semakin banyak, barulah kita akan menemukan tulisan blog kita cenderung ke arah mana. Jika telah menemukan passion menulis kita dimana, saat itulah kita bisa mengkhususkan blog kita akan focus di bidang apa.

 Jun Joe Winanto
 
Suasana belajar blog bersama Mas Jun ini terasa hidup dengan saling diskusi dan tanya jawab. Kelas pun terasa semakin seru dengan antusias para peserta yang hadir, yang memang merupakan anggota FLP Jakarta yang menjadikan acara ini ajang temu kangen, karena kami jarang mengadakan acara belajar bersama seperti ini. Setelah selesai dengan pemaparan tentang blog, Mas Jun memberikan kesempatan kepada kami untuk berlatih menulis di blog. Kami diberikan waktu sekita 30 menit sampai satu jam untuk menulis.  

Satu per satu tulisan kami diperiksa oleh Mas Jun. Beliau merasa puas karena basic menulis sudah ada di diri kami. Hanya saja kami harus lebih sering berlatih menulis di blog dan menata blog kami dengan baik, agar mengundang banyak pengunjung. 

suasana belajar kelas blogger FLP jakarta
 
Waktu istirahat pun tiba. Para peserta melakukan salat zuhur dan dilanjutkan makan siang yang telah disiapkan oleh panitia. Let’s go chicken menjadi menu makan siang kami hari ini. Dengan nasi yang padat dan potongan ayam yang besar, dijamin kami tidak akan kelaparan sampai sore nanti. Bagi yang ingin mencicipi menu let’s go chicken, mampir saja ke akun instagramnya di @letsgo.chicken, kalian akan mendapatkan info di mana saja lokasi outlet let’s go chicken plus menu apa saja yang tersedia. Belum lagi Zada Food menyediakan snack berupa kebab yang sangat enak untuk cemilan kami pada workshop kali ini. Silakan cek akun instaram @zadafood_official untuk melihat menu lain yang dijual.

let's go chicken

kebab dari zada food

Akhirnya rangkaian acara Workshop Blogger Anti Mager pun usai. Eits, tunggu dulu! Rupanya masih ada satu hal penting yang harus kami lalui, yaitu pembagian hadiah dan doorprize. Wah, ini yang ditunggu-tunggu. Panitia menyelenggarakan lomba foto kegiatan selama acara berlangsung tadi. Foto terbaik yang diposting di Instagram masing-masing akan menjadi pemenangnya. Dan hampir semua peserta juga mendapatkan doorprize yang dipersembahkan oleh online shop Supertwin dan Sheba. 

Supertwin adalah olshop yang digawangi oleh duo penulis kembar, Aisya Avicenna dan Keisya Avicenna. Sedangkan Sheba adalah pelopor jas hujan muslimah dengan model gamisnya. Silakan kunjungi olshop @supertwinshop dan @sheba_id untuk melihat koleksi produk-produk kece lainnya. Tak ketinggalan satu lagi pendukung acara workshop kali ini, yaitu @forbento yang menyediakan paket bento lucu dan unik.

Acara pun resmi ditutup setelah selesai membagikan hadiah dan beberapa pengumuman. Kami berharap semoga dengan workshop kali ini dapat lebih menambah semangat dalam menulis dan mengembangkan blog dengan lebih baik lagi. Jika konsisten menata dan meningkatkan kualitas tulisan di blog, penghasilan yang diharapkan kehadirannya pun akan datang dengan sendirinya.

Salam Blogger Anti Mager 😎


3 comments:

  1. Ilmunya mas jun ngena banget ya. Smg blogger flp jkt ga mager lg. 💪

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. saya beneran pengen jd blogger Nia. jadi harus anti mager ya :D
    Thank you ulasannya keren. jadi gak sabar ketemu dan nimba ilmu lg di acara blogger FLP Jakarta. yeayyy

    ReplyDelete

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...