Sunday, 22 November 2015

Ceria, Kreatif dan Ekspresif Itulah Dia


Selamat pagi semua
Matahari bersinar
Kugendong tas merahku di pundak

Bukan puisi bukan pula sajak, melainkan lirik lagu di Taman Kanak-kanak yang baru saja saya kunjungi. Pagi kemarin berkesempatan menemani keponakan berangkat sekolah. Sembari menunggu dia belajar, saya dapat menyaksikan aksi para guru TK yang sangat menarik buat saya. Ini kali pertama saya melihat langsung kegiatan belajar di TK.


Pagi itu, guru-guru TK yang berjumlah 4 sampai 5 orang sedang mengajarkan lagu baru pada murid-muridnya. Kalian tau kan, lagu anak-anak itu penuh dengan melodi ceria dan menyenangkan. Maka ibu-ibu guru menari dan bernyanyi seceria mungkin. Agar murid-murid dapat menghafal lirik dan gerakan yang dicontohkan ibu guru, lagu tersebut diputar berulang-ulang. Ternyata bukan hanya murid-murid di sana yang hafal, saya pun jadi ikutan hafal. Hehe.

Selain bernyanyi, guru TK juga harus bisa menari, setidaknya dapat sedikit menggoyangkan badan. Para guru TK itu sangat ekspresif dalam bernyanyi sekaligus menari, memeragakan gaya yang lucu sehingga dapat ditiru oleh murid-muridnya dengan mudah. Semuanya terlihat senang dan ceria. Saya yang menyaksikannya pun tanpa disadari ikut terbawa oleh irama lagu yang ceria itu.

Tidak sedikit anak-anak yang belum bisa mandiri dan harus ditemani oleh ibunya di dalam kelas. Bahkan ada di antara mereka yang menangis sepanjang pelajaran hari itu dan tidak pernah lepas pandangan ke arah ibunya, demi memastikan kalau sang ibu masih berada di sana. Ada-ada saja tingkah anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun itu. Selain menangis, ada juga yang aksinya membuat saya tertawa. Ada seorang anak laki-laki yang sejak pelajaran dimulai hingga waktu pulang, helm di kepala tidak pernah lepas darinya. Duh, anak itu. Apa yang ada dipikirannya ya? Saya menerka dia berkhayal menjadi super hero atau robot berhelm yang suka menolong orang-orang yang lemah. :D

Melihat aksi para ibu guru tersebut, saya berkesimpulan bahwa untuk menjadi guru TK dibutuhkan kreatifitas, ekspresif dalam bernyanyi dan menari, lincah dan sabar. Jangan suruh saya bernyanyi dan menari seperti mereka! Karena saya akan mengacaukan semuanya, hehe. 

Berminat menjadi guru TK? Silakan penuhi syarat-sayarat di atas.






4 comments:

  1. Menulis itu gampang ya mb, ap yg dilihat bisa dituangkan dalam tulisan.
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. sebenarnya apa aja yg kita rasa, lihat, dengar, bahkan obrolan sehari2 pun bisa jadi ide tulisan. ^^

      Delete
  2. katanya, jadi guru TK itu bikin awet muda. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa jadi, secara tiap hari selalu ceria dan bahagia, apalagi gaulnya sama anak-anak :)

      Delete

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...