Tuesday, 24 November 2015

Aku Gagal




Buku apa yang sedang kalian baca saat ini?

Kalau aku sedang membaca novel yang berjudul “Mengejar-ngejar Mimpi” karya Dedi Padiku, terbitan ANPH. Aku tidak bermaksud untuk mengulas isi novel tersebut di sini, melainkan ada kejadian lucu yang berhubungan dengan judul novelnya, Mengejar-Ngejar Mimpi. 

Jadi begini ceritanya,
 
Ketika aku meletakkan buku ini di meja dan berlalu meninggalkannya sejenak. Tanpa sengaja, keponakanku usia 6 tahun, melihat dan membaca judul buku itu. Begitu aku kembali ke meja, keponakanku bertanya,

 “Mengejar-ngejar mimpi itu gimana sih, tante? Emangnya pake sepatu, terus lari-lari?” 

Bhuahahahah,,,pertanyaannya membuatku terbahak. Selain itu aku sedikit terkejut, dari mana di tahu kalau judul buku ini adalah “Mengejar-Ngejar Mimpi?” pasalnya, dia masih agak sulit untuk membaca. Rupanya ketika aku pergi tadi, dia berusaha mengeja sampai akhirnya bisa membacanya. 

“Ya, bukanlah, Bang –begitu dia biasa dipanggil-.” Jawabku. Oke, sepertinya aku menjelaskan sesuatu pada anak ini. Baiklah. Mari simak penjelasanku! :D

“Terus apa dong, Te”         
“Mimpi itu cita-cita, Bang. Coba sekarang Abang cita-citanya apa?”
“Ehm…pilot.”
“Ok. Jadi Abang mau jadi pilot? Nah, mengejar mimpi itu maksudnya, Abang belajar yang bener, sekolah yang rajin sampe nanti gede bisa jadi pilot. Abang berusaha dan berdoa terus sampai cita-cita Abang tercapai, gitu Bang.” Jelasku panjang lebar, kuharap anak ini mengerti.
“Oh, gitu.” 

Nampaknya dia mulai mengerti. Aku pun tersenyum padanya dan kami diam beberapa saat. Demi mengetahui bahwa dia sudah paham, aku mencoba memastikannya.

“Ngerti, bang?”
“Nggak.” Balasnya singkat tanpa ekspresi.

Gubrak!!!

Mendengar jawabannya itu seperti jatuh tertimpa bersak-sak semen, lalu tenggelam ke dasar bumi. Oh, tidaaaakk! Aku gagal menjelaskan pada anak kelas satu SD ini!!! 

Dan aku pun tertawa. Lebih tepatnya menertawakan diri sendiri yang telah gagal dalam menjelaskan suatu hal pada seorang anak kecil.

Jadi, jika teman-teman memiliki cara yang tepat untuk menjelaskan makna dari “Mengejar-ngejar mimpi”, sudilah kiranya berbagi padaku yang masih butuh banyak belajar ini.

Terima kasih ^^

No comments:

Post a Comment

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...