Thursday, 16 June 2016

5 Problems With Social Media


Gambar dari google


Siapa sih yang gak tau sosmed alias sosial media?

Makhluk yang satu ini emang tenar banget di jaman sekarang. Sebut saja facebook, twitter, whatsapp, bbm, Instagram, path, blog, daaaan masih banyak lagi. Kamu pasti punya akun di semua sosmed yang saya sebutkan itu, kan? Ada sebagian orang yang hanya memiliki akun di beberapa sosmed saja, tapi ada juga yang saking eksisnya dia buat akun di seluruh sosmed. Apalagi kalau ponsel baru, waaah, kesempatan yang bagus banget buat eksis di semua sosmed.

Apa sih fungsi sosmed?


Mencari teman yang telah lama hilang, hehe. Bisa juga mencari teman baru yang bisa dimodusin, #eh. Mendapatkan informasi dengan cepat, jualan online (yang satu ini lagi hits banget :D). Bukan hanya urusan dunia, sosmed juga bisa digunakan untuk berdakwah menyampaikan kebaikan. Mungkin masih banyak fungsi sosmed lainnya. Silakan teman-teman tambahkan :)

Nah, selain fungsi-fungsi di atas, ternyata sosmed juga membawa masalah. Jadi, masalah apa yang dibawa oleh makhluk yang bernama sosmed ini? Setidaknya ada lima masalah yang dibawa oleh sosmed menurut versi saya. 

Mau tau apa aja? Simak yuk!

1.      Membuat kita lupa waktu

Saking asyiknya stalking, chatting, uploading, downloading dan akhiran –ing lainnya, hehe…kita jadi lupa waktu. Lupa kalau udah waktunya shalat, lupa jam kerja yang harusnya udah mulai setengah jam lalu, lupa kalau tadi disuruh ortu beli beras di warung, lupa baca buku, lupa baca Al-qur’an, lupa makan, lupa tidur, lupa mandi (uuh, pantesan aja baunya semerbak).

2.      Jauh-dekat, dekat-jauh

Dengan kecanggihan ponsel yang berkembang sekarang membuat kita semakin dimudahkan dalam bersosialisasi di dunia maya. Di mana pun, kapan pun kita bisa mengakses sosmed. Di kantor, rumah, sekolah, pasar, toilet, dapur, kamar, pokoknya di mana aja bisa. Begitu asyiknya bersosialisasi dengan teman-teman virtual di sosmed, kita jadi jauh dengan orang-orang yang sesungguhnya sangat dekat dengan kita; keluarga, teman, sahabat, guru, tetangga. Parahnya, meski kita sedang berdekatan, berhadap-hadapan, tapi kita lebih asyik menatap layar ponsel yang sangat pintar itu.

3.      Males cek ‘n ricek

Dari sosmed kita gampang banget dapet informasi atau berita yang lagi hot. Mulai dari berita seputar artis, berita kejahatan, pejabat yang korupsi, harga BBM yang naik dan nggak mau turun-turun, konflik di daerah atau negara lain. Berita apa pun tersedia di sosmed, tapi masalahnya tidak semua berita itu benar. Banyak sekali pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang menyebarkan berita-berita hoax atau bohong. Nah, saking serunya sebuah berita, kita kurang teliti untuk memeriksa apakah berita itu benar atau tidak. Akhirnya langsung saja deh kasih komentar ini itu, bagikan ke semua grup. Kalau sudah begitu, kita termasuk orang yang menyebarkan berita bohong. Iih, serem ah.

4.      Bikin lemot ponsel

Nah, ini mah nasib banget buat yang ponselnya kurang pintar seperti milik saya, hiks. Buat kamu yang selalu eksis di sosmed, pasti banyak banget aplikasi yang terpampang di ponsel kamu. Tapi sayang, kalau ponselnya kurang pintar malah membuatnya jadi lemot. Selain lemot, baterai juga cepat habis. Sebentar sebentar dicharge, belum penuh baterainya, tangan udah gatel pengen up date status.

5.      Boros

Supaya bersosialisasi lancar, paket data juga harus kenceng. Kira-kira satu bulan habis berapa ya untuk beli pulsa? 50? 100? Atau lebih? Wah, beli pulsa aja bisa seroyal itu, sedekahnya pasti lebih besar dari uang pulsa, iya kan? Hehe. Terus, kalau tiap bulan jatah pulsa sebesar itu, jatah beli buku udah pisahin dong! :D

Udah ah, segitu aja. Silakan teman-teman tambahkan sendiri kalau ada yang kurang. Dari semua lima masalah itu, saya pun terjerat di dalamnya. Bagi saya sah-sah saja bersosial media asal jangan berlebihan dan melupakan segalanya. Bijak dalam menggunakannya, ambil yang manfaat dan buang yang buruk.

Be wise on social media ^^
    

2 comments:

  1. Semuanya kembali ke penggunannya juga. Kalau bijaksana ya banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Tapi, ya gitu, di sosmed kalau nggak nyinyirin orang nggak lengkap:D Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul. Semoga lebih banyak kebaikan daripada nyinyirnya, hehe...salam kenal juga :)

      Delete

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...