Saturday, 17 March 2018

KENALAN SAMA NICHE YUK



para peserta kelas blogger FLP Jakarta bersama Kang Arul

Kamu tahu tidak apa itu niche?

Pertemuan kelas blogger FLP Jakarta minggu lalu bersama Dosen Galau alias Kang Arul, membahas tentang niche. Sebelumnya, saya sudah sering mendengar istilah ini dan sedikit banyak tahu maknanya. 

Nah, sepemahaman saya, niche adalah topik atau lebih tepatnya ciri khas yang akan dibahas di dalam blog kita. Misalnya, kita hobi nyanyi, maka kita akan menulis segalanya tentang menyanyi. Atau jika kita suka mendaki gunung, maka blog kita akan berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan pendakian gunung. Satu contoh lagi, jika kita suka membaca buku, maka blog kita akan diisi dengan resensi berbagai buku yang telah dibaca, seperti blog saya ini 😀



Tapi sebenarnya blog saya ini masih blog gado-gado alias campuran. Meskipun banyak tulisan mengenai resensi buku, saya juga masih suka menulis dengan tema yang berbeda-beda. Dengan kata lain, saya belum menentukan niche atau topik apa yang akan menjadi tema besar di blog saya.

Kang Arul selaku pemateri, meminta peserta untuk segera menentukan niche yang cocok untuk blog masing-masing. Beliau mengatakan, kalau pun kita tidak bisa konsisten dengan satu niche utama, kita boleh menentukan maksimal tiga niche yang akan dipilih sebagai topik di blog kita. Peserta pun diminta untuk menuliskan tiga niche utama sesuai dengan kepribadian masing-masing. Para peserta di kelas blogger FLP Jakarta segera menuliskan niche masing-masing dan menyerahkannya kepada Kang Arul untuk dibahas.

Waktu itu, saya hanya menulis satu niche saja, tapi setelah dipikir-pikir akhirnya saya mendapatkan dua niche lagi. Jadi, niche yang saya pilih untuk blog ini adalah resensi buku, rangkuman hasil kajian dan reportase acara yang saya ikuti, baik di FLP Jakarta, Blogger Muslimah maupun acara lainnya.

Selain niche, sebenarnya Kang Arul juga memberikan banyak informasi penting mengenai bagaimana mengembangkan blog atau menjadi blogger andal. Tapi semua itu harus dimulai dari niat yang lurus untuk apa kita nge-blog. Setelah meluruskan niat, lanjutkan dengan belajar menulis dengan baik dan benar sesuai dengan EBI atau Ejaan Bahasa Indonesia. 

Mungkin sebagian dari kita tahu bahwa sudah banyak orang yang mendapatkan penghasilan besar dari nge-blog, tapi sebagai pemula hendaknya jangan memikirkan hal itu dulu. Karena mereka yang telah mendapatkan penghasilan besar dari blog-nya, tidak mendapatkan dengan instan, melainkan melalui proses pembelajaran yang lama.

Jika kita belum apa-apa sudah mengharapkan penghasilan besar dari blog, maka bersiaplah untuk kecewa. Jadi, marilah kita awali kegiatan nge-blog ini seperti yang telah Kang Arul katakan tadi, luruskan niat dan belajar menulis yang baik.

Meskipun materi kelas blogger kali ini agak rumit, Alhamdulillah kerumitan itu segera terurai dengan adanya berbagai macam penganan khas Betawi yang dibawa oleh masing-masing peserta di kelas blogger FLP Jakarta. Gedung Proxsis yang menjadi lokasi kami belajar nge-blog pun jadi ramai dengan antusias peserta yang ingin mencicipi jajanan Betawi tersebut.  Selamat menikmati 😋

cemilan khas betawi yang dibawa oleh peserta



7 comments:

  1. Semangat ngeblooog.. Dan smg kelak segala kerumitan itu akan terurai

    ReplyDelete
  2. PR banget tuh nentuin niche. Galau. Keknya butuh istikhoroh. Keren tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. istikhoroh ternyata gak cuma masalah jodoh ya ^0^

      Delete
    2. Si Niche emang bikin galau.. 🤓🤓

      Delete
  3. Kenalan sama niche malah dia bawa temen-temennya yang lebih ribet! 🤣

    ReplyDelete

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...