Friday, 22 April 2016

UNTUK BUMI




Hey, kalian tau gak kalau hari ini adalah hari bumi? Yup, setiap tanggal 22 April, warga bumi merayakan hari bumi. 

Kenapa sih harus ada hari bumi?

Hari bumi bertujuan untuk mengembalikan kesadaran kita betapa pentingnya menjaga dan melestarikan bumi yang kita huni ini. Tidak hanya tangga 22 April saja sih kita harus menjaga bumi, setiap saat hendaknya kita selalu memperhatikan bumi yang sudah semakin tua ini.

Sebagai penghuni bumi sudah semestinya kita menjaga dan memelihara kelestarian bumi. Lalu bagaimana caranya menjaga bumi?

Berikut beberapa poin yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi tetap aman dan nyaman kita tinggali.



  •      Tanam pohon

Pohon sangat penting dalam kehidupan kita. Pohon bisa melindungi kita dari sengatan sinar matahari, menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas dan membuat udara terasa lebih sejuk dan nyaman. Sedih sekali rasanya jika melihat ada pohon yang ditebang. Udara jadi terasa lebih panas tak ada lagi tempat yang sejuk untuk berteduh. Menebang pohon dapat dilakukan dalam sekejap, tapi untuk menumbuhkannya butuh waktu bertahun-tahun. Jika kita tidak menanam kembali pohon-pohon itu dari sekarang, tak sanggup rasanya membayangkan di masa depan nanti anak cucu kita tak tau apa itu pohon. 


  •   Buang sampah di tempat yang tepat

Ini nih, penyakit akut yang mengjangkiti masyarakat kita, buang sampah tak kenal tempat. Di mana pun mau membuang sampah, maka di situlah kita membuangnya. Jangan jadikan ini sebagai kebiasaan. Kita bisa kok untuk lebih disiplin buang sampah di tempat yang sudah disediakan. Jika tidak menemukan tempat sampah di sekitar kita, sebaiknya simpan dulu sampah itu di dalam tas atau saku, sampai kita menemukan tempat sampah. Sampah itu sendiri menjadi masalah yang cukup rumit di negara kita. Oleh karna itu marilah kita turut serta membantu pemerintah dengan membuang sampah di tempat yang tepat.


  •      Hemat air

Bijaklah dalam menggunakan air. Bumi kita sedang mengalami krisis air bersih. Jika kita masih diberi nikmat kemudahan untuk mendapatkan air bersih, maka syukuri nikmat itu dengan tidak menggunakan air secara berlebihan. Pastikan keran di rumah kita tertutup rapat setelah digunakan agar tidak ada air yang terbuang sia-sia.  


  •     Hemat listrik

Jangan mentang-mentang sudah membayar listrik, kita menggunakannya dengan boros. Dengan menghemat listrik, kita juga menghemat energi yang sangat diperlukan oleh bumi. Matikan semua alat listrik yang tidak digunakan. Manfaatkan sinar matahari sebagai penerangan di siang hari.


  •     Menjaga kebersihan lingkungan

Ini juga sangat penting agar lingkungan tempat kita tinggal menjadi lebih nyaman, enak dipandang dan membangkitkan semangat untuk beraktifitas setiap harinya.

Tips-tips di atas mungkin mudah untuk dilakukan, tapi jika tidak ada kesadaran dalam diri untuk melakukannya, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang berat. Saya yakin kita dapat menjaga bumi dengan sebaik-baiknya. Karena bumi ini adalah titipan Allah yang harus kita pertanggungjawabkan di hadapanNya kelak. Mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai saat ini.

Selamat Hari Bumi. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? kalau tidak sekarang, lalu kapan?

No comments:

Post a Comment

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...