Friday 10 October 2014

Menelusuri Lautan Ide Menulis Buku





Judul Buku    : 200 Ide Gila Menulis Buku
Penulis         : Dewanto Nugroho
Penerbit        : Grafidia, 2008
Tebal            : 197 Halaman


Anda suka menulis? Punya cita-cita menjadi penulis tapi kesulitan mendapatkan ide untuk menulis adalah masalah bagi banyak penulis pemula. Jangankan penulis pemula, penulis senior pun tidak jarang masih memiliki masalah yang sama. Oleh karena itu, syarat untuk menjadi penulis tidak lain tidak bukan adalah banyak-banyak membaca. Membaca menjadi syarat wajib bagi penulis karena dengan membaca dapat memunculkan ide-ide baru untuk membuat sebuah tulisan.


Buku ‘200 Ide Gila Menulis Buku’ ini menyediakan berbagai ide menulis yang sangat beragam dan tidak disangka-sangka kalau ide itu akan muncul sebelumnya. Berbagai ide kreatif disajikan dalam buku ini, mulai dari ide yang sangat sederhana sampai yang menantang dapat kita temui disini. Banyak ide-ide yang sebelumnya sama sekali tidak terpikirkan oleh kita untuk dibuat sebuah tulisan. Sebut saja misalnya jalan tikus yang banyak bertebaran di kota Jakarta. Fenomena kota Jakarta dengan kemacetan yang parah sudah menjadi santapan sehari-hari warga kota ini. Dalam kemacetan tersebut banyak orang yang mencari jalan tikus yang dapat mereka lalui agar terhindar dari kemacetan. Jalan-jalan tikus ini dapat kita jadikan sebuah tulisan yang bermanfaat untuk para pengguna jalan yang ingin segera sampai ke tempat tujuan tanpa merasakan kemacetan yang tak berujung.


Namun dengan banyaknya ide yang disajikan membuat seolah-olah beberapa ide ditulis berulang-ulang, karena ada beberapa ide yang sebenarnya mirip satu sama lain. Selain itu ada juga ide-ide yang kurang pantas untuk dibuat tulisan. Meskipun demikian, tidak semua ide dapat kita terapkan dalam tulisan kita. Itu semua tergantung dari penulis, ide apa saja yang menarik yang akan mereka tulis sesuai dengan selera masing-masing.


Dengan membaca buku ini, secara spontan akan muncul ide-ide lain dalam pikiran kita yang tidak tercantum dalam buku ini. Saya sendiri pun mengalaminya. Ada beberapa ide yang terlintas dalam pikiran saya untuk membuat sebuah tulisan ataupun buku. Buku ini sangat cocok bagi penulis pemula untuk memancing ide jika mengalami kesulitan mencari ide untuk menulis. Mulailah menelusuri lautan ide dalam buku ini dan segeralah menuliskannya.


Selamat membaca ^_^






No comments:

Post a Comment

Kumpulan Cerita Menghibur dan Sarat Makna dari Penulis Cilik

  Judul: Papa Idamanku Penulis: Farah Hasanah K. Dinda Rahmadhani, dkk. Penerbit: Indiva Media Kreasi Tebal: 143 halaman Harga: Rp...