Monday, 9 October 2017

Mengapa Doa Ibu Mampu Menembus Langit?


Seperti yang kita tau doa orangtua itu langsung didengar Allah dan salah satu doa yang paling mustajab. Namu, doa ibulah yang paling melesat menembus langit. Mengapa? Menurut ustazah Santi Sinta, Lc. sedikitnya ada 4 alasan mengapa doa ibu mampu menembus langit. 

Pertama, ibu adalah orang yang berada di peringkat pertama yang doanya dikabulkan.

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi kemakbulannya, yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Abu Daud)


Ke dua, ibu telah merawat sejak dalam kandungan.

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang salih yang Engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan memberi kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al Ahqaaf: 15)

Ke tiga, seorang ibu telah melahirkan anaknya.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman: 14)

Terakhir, ibu memiliki kekuatan batin pada anaknya.

Seorang ibu lebih dekat kepada anak-anaknya, karena ia telah mengandung, melahirkan, menyusui, hingga membesarkan. Oleh karna itu seorang ibu memiliki ikatan batin, lebih tahu perasaan yang sedang dialami oleh anaknya dan ikatan itu sangat kuat. 

Doa orang tua sangat penting dalam kelangsungan hidup kita. Dalam segala hal kita bisa meminta doa orang tua agar segala sesuatunya berjalan dengan baik. Misalnya, saat akan menghadapi ujian, mintalah orang tua mendoakan supaya kita dapat mengerjakan ujian dengan baik. Saat menghadapi masalah pekerjaan, doa orang tua dapat menjadi salah satu jalan mengatasi masalah. Ketika bisnis atau usaha kita terpuruk, doa orang tua menjadi perantara datangnya rezeki yang tak disangka-sangka.

Nah, sebagai balasannya, jangan lupa mendoakan yang terbaik buat orang tua kita. Mintalah pada Allah agar selalu menjaga orang tau kita, memberinya kesehatan, rezeki dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin. 

#ODOPOKT8

7 comments:

  1. Maa syaa Allah, jadi harus sering2 minta doanya ibu. Iya sebagai anak juga harus senantiasa mendoakan orang tuanya. Terutama ibunya yang memiliki kedudukan tiga kali lebih mulia baru kemudian bapak.

    ReplyDelete
  2. Duh, setelah jadi ibu, jadi tau beratnya jadi ibu

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah masih ada Ibu yang saya yakin selalu mendoakan saya ..dan kini saya sebagai ibu pun mendoakan anak-anak

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah masih ditunggui ibu. Doa terbaik untuk beliau :)

    ReplyDelete
  5. Iya, ibuku pernah menelepon aku pas sesuatu terjadi denganku. padahal biasanya gak sepagi itu beliau menelepon. Itu mungkin karena ikatan batin yak.

    ReplyDelete

Menghidupkan Kembali Rasa Kemanusiaan Yang Mati

Judul                : Sepotong Roti di Langit Tragedi Penulis              : Nia Hanie Zen, dkk. Penerbit            : Iluvia ...