Saturday, 7 October 2017

Menjadikan Nabi Muhammad Idola Untuk Anak Muda


Sering kita menyatakan diri mencintai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sering kita melontarkan rindu padanya. Sering kita berharap bertemu dengannya. Tak jarang kita berdoa memimpikannya. Sungguhkah itu? Atau hanya sebuah pengakuan yang tak disertai aksi?

Apakah kita sudah benar-benar meneladaninya sebagai wujud cinta? Apakah kita sudah sepenuh hati mengamalkan sunnah-sunnahnya? Atau hanya pengakuan di bibir tanpa diresapi ke dalam hati? Lalu apa yang harus dilakukan untuk membuktikan kalau kita memang mencintai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaiihi wasallam? 


Buku “Muhammad Muda Gue Banget!” dapat memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Ditulis oleh seorang yang juga masih berusia muda, Hilman Fauzi, yang kaya prestasi. Walau buku ini ditujukan untuk kaum muda, saya yakin kalangan yang masuk kategori tak lagi muda pun akan mendapatkan pencerahan, terutama sifat-sifat Nabi Muhammad muda yang sangat inspiratif.

Kebanyakan kaum muda sekarang ini menjadikan para artis sebagai idola mereka, padahal kesempurnaan yang mereka cari ada pada diri Rasulullah. Mengapa mereka tidak bisa menjadikan Nabi Muhammad sebagai idola dan suri tauladan? Mungkin karna belum mengenal lebih dekat dengan Nabinya. Maka buku ini akan membawa kita mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam lebih dekat.

Kita dapat megetahui sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dari buku setebal 240 halaman ini. Keteladanan Nabi Muhammad terangkum ke dalam 9 mutiara untuk anak muda. Apa saja 9 mutiara itu? Sembilan mutiara itu adalah; mandiri, jujur, rendah hati, bertanggung jawab, komunikatif, cerdas, visioner, disiplin dan peduli sesama.

Setiap poin dijelaskan dengan menyertakan aktifitas Nabi terkait mutiara-mutiara tersebut. Selain memberikan contoh langsung perilaku terpuji Nabi, penulis juga memberikan contoh kisah tokoh-tokoh inspiratif, muda dan berprestasi, yang kita kenal di Indonesia yang memiliki atau mengamalkan 9 mutiara sifat dan perilaku Nabi Muhammad. Mereka adalah Ustaz Syafii Antonio, Muhammad Asad, Ippho Santosa, Meyda Sefira, Evan Dhimas, Elang Gumilang, dan masih banyak lagi.

Sebagai umat yang mengaku cinta pada Nabi Muhammad, hendaklah kita meneladani sifat-sifat beliau, terutama generasi muda yang sangat membutuhkan sosok teladan. Nabi Muhammad merupakan sosok sempurna yang sifat-sifatnya dapat ditiru. Pastinya tidak ada yang bisa menyamai kesempurnaan beliau, tapi sekecil apa pun kita berusaha meneladaninya, insyaallah akan membawa syafaat di hari kiamat nanti.

#ODOPOKT5 

No comments:

Post a Comment

Peperangan Melawan Master Dragon

Judul                : Pergi Penulis              : Tere Liye Penerbit            : Republika Cetakan            : III, 2018 ...