Wednesday, 22 April 2015

Kalau Berdoa Jangan Egois




Doa adalah senjata umat Islam. Allah senang dengan hamba yang berdoa dan meminta padaNya. Allah akan mengabulkan apapun doa kita. Tapi kapan doa itu dikabulakan adalah hak prerogatifnya Allah. Bisa saja doa itu dikabulkan di dunia atau bahkan ditangguhkan di akhirat nanti. 

Apa sih yang kamu minta saat berdoa? #kepo nih ceritanya :D

Mungkin saja doa kita sama. “Ya Allah ampunilah dosa-dosaku. Berilah hamba kemudahan untuk mendapatkan rezeki yang halal. Maafkan segala kesalahan dan khilafku, ya Allah. Berilah kemudahan dalam melaksanakan ujian. Limpahkan hamba kesehatan, jauhkan dari segala penyakit.” Dan seterusnya.


Tidak ada yang salah dari doa-doa tersebut. Hampir semua orang menginginkan kemudahan hidup di dunia dan di akhirat. Tapi coba kita pikirkan lagi, kebanyakan doa-doa yang kita panjatkan hanya untuk kepentingan kita pribadi. Kita ingin Allah mengabulkan semua doa-doa yang kita panjatkan setiap harinya. Namun kita lupa bahwa ada kekuatan lain yang akan mempermudah dan mempercepat dikabulkannya doa kita.

Apakah kekuatan itu?

Kekuatan itu adalah saling mendoakan sesama umat Islam. Kita tidak boleh egois saat berdoa. Yang dimaksud egois di sini adalah kita hanya berdoa untuk diri sendiri. Padahal dengan mendoakan orang lain, doa itu kembali pada kita. Allah akan mengabulkan doa yang ditujukan untuk orang lain sekaligus pada diri kita sendiri.

Karena jika kita mendoakan orang lain, malaikat sendiri yang akan meng-aamiin-i sehingga sampai kepada Allah Swt. Yuk simak hadistnya.

“Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakan, doanya mustajab. Di atas kepala orang yang berdoa itu ada malaikat yang ditugaskan agar supaya setiap kali berdoa untuk saudara-saudaranya langsung disambut aamiin walaka bimistlin (semoga diterima dan untukmu sendiri seperti itu).” (HR. Muslim)

Bayangkan, malaikat langsung yang mendokan kita. Dan Allah pun akan mengijabah harapan dan doa-doa kita. Keren kan?

Jadi bila kita ingin mendapat kemudahan dalam ujian, doakan juga teman kita seperti itu. Bila ingin dosa-dosa kita diampuni, doakan juga kedua orang tua kita seperti itu. Bila kita ingin usaha lancar, doakan juga saudara kita begitu. Bila ingin mendapatkan jodoh yang terbaik, doakan juga sahabat kita seperti itu. Apapun doa kebaikan yang kita panjatkan untuk orang lain, doa itu akan kembali kepada kita. 

Yuk mulai sekarang jangan egois dalam berdoa. Doakan orang tua kita, saudara, kerabat, teman, sahabat, siapa saja yang terlintas di hati dan pikiranmu dan segenap kaum muslimin di mana pun berada. Mintalah kebaikan untuk mereka maka kebaikan itu akan kembali kepada kita. Nah, jika ingin doa kita cepat dikabulkan, kuncinya yaitu berdoalah untuk orang lain. Karena kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Orang-orang di sekitar kita adalah bagian dari hidup kita yang memiliki hak di setiap doa-doa yang kita panjatkan.

No comments:

Post a Comment

Belajar Dari Kisah Ulama Terdahulu

Judul                : Sunnah Sedirham Surga Penulis              : Salim A. Fillah Penerbit            : Pro-U Media Terbit ...